Insentif Guru Honorer Segera Dicairkan

05/06/2018, 13:21 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Ilustrasi: GTT dan PTT akan mendapatkan insentif jelang Lebaran. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kabupaten Malang sedikit bisa bernapas lega. Mereka segera mendapatkan tunjangan insentif dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr M Hidayat menyampaikan, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan para kepala bidang guna membahas perihal pencairan insentif. Dalam waktu dekat, dana insentif segera dicairkan.

Seperti diketahui, pencairan insentif bagi GTT tiap tahunnya akan dilakukan mendekati Hari Raya Idul Fitri. Besarannya sesuai dengan ploting anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD 2018.

Masing-masing guru honorer di Kabupaten Malang akan menerima insentif sebesar Rp 600 ribu. Total ada 7.488 guru honorer yang akan menerima insentif. Rinciannya, 4.741 guru SMP dan 2747 guru SD. "Secepatnya akan kami cairkan, dalam waktu dekat," tegas Hidayat, Selasa (5/6).

Meski belum ada kepastian tanggal pencairan, Hidayat meyakinkan bahwa anggaran insentif akan diterima guru honorer sebelum libur Lebaran. Terkait dengan tunjungan hari raya (THR), Dinas Pendidikan tidak bisa berbuat banyak untuk para GTT.

Mantan Kabag Humas Pemkab Malang itu menuturkan, kebijakan pemberian THR kepada tenaga honorer ditingkat SD dan SMP sepenuhnya bergantung pada kebijakan sekolah. Pasalnya, mereka menggunakan Rancangan Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).

"Untuk SMP mungkin masih memungkinkan (ada THR), jika komite dan wali murid menyepakati penganggarannya. Tapi untuk SD saya rasa masih kesulitan," paparnya.

Hidayat berharap pada tahun selanjutnya, pemerintah pusat juga menaruh perhatian kepada para guru honorer. Bahkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan data pokok pendidikan untuk pendataan, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang akan siapkan jauh-jauh hari.

Dalam agenda Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2018, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang akan mengajukan tambahan insentif untuk GTT. Mereka upayakan kalau bisa ditambah menjadi Rp 200 ribu atau minimal Rp 200 ribu.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi