alexametrics

1 Juta Warga Jatim Antre Berangkat Haji

5 April 2022, 20:12:47 WIB

JawaPos.com–Seperlima jamaah haji asal Indonesia berasal dari Jawa Timur. Total terdapat 1.096.000 jamaah haji yang sedang mengantre untuk diberangkatkan.

”Terdapat 5.100.000 jamaah yang sedang antre se-Indonesia. Artinya, dari Jatim ada satu per lima total jamaah Indonesia,” kata Kepala Kementerian Agama Jawa Timur Husnul Maram pada Selasa (5/4).

Tahun ini, Kemenag Jatim menyebut, siap memberangkatkan 73 kloter jamaah haji. Mereka direncanakan berangkat pada awal Juni. ”Total ada 33.000 jamaah haji yang siap berangkat. Kira-kira ada 73 kloter. Sebelum pandemi biasanya ada lebih dari 80 kloter,” tutur Husnul Maram.

Meski demikian, dia belum bisa memastikan jumlah pasti calon jamaah haji (CJH) yang bakal berangkat tahun ini. Sampai saat ini, Kemenag masih menunggu kuota dari Kerajaan Arab Saudi.

”Sampai saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu kuota jamaah haji tahun 1443 Hijriah atau 2022 dari Kerajaan Arab Saudi. Bahkan bukan hanya Indonesia saja, tapi di seluruh dunia juga menunggu kuota jamaah haji tersebut,” ujar dia.

Ditanya kapan undangan tersebut didapatkan, Husnul menjawab belum tahu. Sebab, pihaknya masih menunggu jawaban dari menteri agama. Bila surat sudah turun, pihaknya baru bisa menindaklanjuti.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: