alexametrics

Hujan Angin dan Petir Diprediksi Masih Terjadi Sebulan ke Depan

5 April 2019, 22:29:50 WIB

JawaPos.com – Masyarakat perlu waspada terhadap kondisi cuaca selama sebulan ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat petir masih akan turun hingga akhir April nanti.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan, dominasi angin muson barat menyebabkan beberapa daerah di Indonesia masih diguyur hujan.

”Angin yang bertiup dari Samudera Pasifik dan benua Asia bertumbukan di ekuator. Tumbukan tersebut menyebabkan pembentukan awan secara intensif yang menimbulkan hujan,” papar Dwikorita di kantornya, Jumat (5/4).

 Wilayah yang masih berpotensi diguyur hujan antara lain, sebagian besar pulau Sumatera, terutama di wilayah pesisir timur, Pulau Jawa, dan Papua. Di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Sementara di Pulau Sulawesi, ada Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Meski begitu, Dwikorita juga menyebut adanya potensi kebakaran hutan dan lahan beberapa wilayah. Yakni, pesisir barat pulau Sumatera, Kalimantan Utara, sebagian Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. ”Jadi ada sebuah kontradiksi cuaca dalam satu periode waktu ini,” ucap alumnus Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada itu.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo menambahkan, saat ini cuaca di Indonesia sedang dalam kondisi transisi musim. Situasinya ekstrem, namun sifatnya lokal.

”Jadi ada spot-spot tertentu yang masih hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Pada situasi seperti itu biasanya diiringi kilat petir,” kata dia.

Sebab, pembentukan awan di masa transisi cenderung menjulang. Tidak melebar. Ketika pagi hingga siang kondisinya cenderung panas terik. Kemudian, siang hingga sore hari biasanya mendung dengan hembusan angin yang kuat.

Baru ketika sore menjelang malam turun hujan lebat dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama.

Maka dari itu, Prabowo mengimbau, agar masyarakat menghindari pohon-pohon yang tinggi dengan dahan yang rindang. Serta, jelang pemilihan umum ini, dia meminta jika memasang baliho agar diberi lubang. Yang fungsinya untuk mengurangi tekanan angin sehingga tidak merobohkan tiang penyangganya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Agas Putra Hartanto



Close Ads
Hujan Angin dan Petir Diprediksi Masih Terjadi Sebulan ke Depan