alexametrics

Pilkada Damai, Ratusan Kepala Desa di Bojonegoro Deklarasi Anti Hoax

5 April 2018, 22:34:48 WIB

JawaPos.com – Ratusan kepala desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar deklarasi anti hoax, ujaran kebencian dan SARA, Kamis (5/4). Acara tersebut dilakukan sebagai perwujudan pemilihan kepala daerah yang damai.

Acara yang dikemas dengan tema Silaturahmi Kepala Desa Bersatu Bersama TNI-Polri di Gedung Serbaguna Jalan KH. Mansyur Kota Bojonegoro ini, sebagai bentuk menyatakan sikap menolak berita bohong yang belakangan ini menjadi santapan di media sosial.

Deklarasi secara simbolis ditandai dengan pembubuhan tanda tangan pada media baliho yang telah disediakan oleh panitia. Cap tangan sendiri diwakili oleh kepala instansi terkait yang turut hadir dalam acara tersebut. Diketahui, di Bojonegoro sendiri terdapat 430 kelurahan dan desa yang tersebar di 28 kecamatan.

Kepala Bakesbangpolinmas Bojonegoro Kusbianto yang hadir mewakili Pj Bupati Bojonegoro Suprianto mengatakan, penyebaran hoax harus diperangi meskipun di Bojonegoro belum terlalu masif. Namun harus ada upaya pencegahan sebelum semuanya menjadi masalah besar.

“Kami bersama-sama bersatu memerangi hoax. Dan ini yang kami harapkan, para kepala desa yang notabene birokrasi bisa bersatu padu lawan isu SARA,” terang Kusbianto, Kamis (5/4).

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro Wahyu Sri Bintoro dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas partisipasi seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Bojonegoro yang telah berupaya menciptakan perdamaian dengan menggelar deklarasi anti hoax.

“Jika kita, Kepala Desa, TNI, dan Polri bersatu serta terus bahu membahu menolak hoax, ujaran kebencian dan isu sara, kami yakin pilkada serentak 27 Juni nanti berjalan lancar dan damai,” ujar Kapolres.

Dengan diselenggarakannya acara ini. Menurutnya, mampu mendinginkan suasana dan menciptakan kamtibmas di wilayah desa masing-masing. “Isu SARA, dapat memecah belah kebersamaan. Maka kami tegas menangani persoalan ini,” tutupnya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (yud/JPC)



Close Ads
Pilkada Damai, Ratusan Kepala Desa di Bojonegoro Deklarasi Anti Hoax