alexametrics

Ridwan Kamil Rencanakan Bangun Pusat Kebudayaan, Apa Kabar WJACC?

5 Maret 2019, 16:51:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membangun gedung pusat kebudayaan di 27 kota dan kabupaten. Bukan hal baru, pasalnya pemimpin sebelumnya pun sempat mencanangkan gedung serupa namun tidak ada perkembangan yang berarti.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat Agus E Hanafiah mengatakan, ide pembangunan pusat kebudayaan ini sudah ada sejak 2017. Saat kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Saat itu rencananya dibangun Gedung Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat atau West Java Art And Cultural Centre (WJACC). Namun Agus menegaskan pembangunannya berbeda konsep dengan rencana pusat kebudayaan. Karena konsep ini mengakomodir seluruh kabupaten kota di Jawa Barat.

“Kelihatannya ruhnya berbeda, kalau sekarang untuk bagaimana mencoba mengakomodir tentang seni dan budaya di kabupaten kota. Kalau yang dulu mungkin budaya secara keseluruhan. Saya mungkin belum bisa memberikan jawaban secara pasti,” ujar Agus di Gedung Sate, Bandung, Selasa (5/3).

Pihaknya berharap rencana pembangunan pusat kebudayaan ini mengadopsi dan mengakomodir tentang budaya dan arsitek lokal. Sehingga setiap kabupaten kota memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Sekaligus menampung seluruh kebudayaan baik secara seni, bahasa, aksara, dan lainnya.

“Rencana sesuai dengan keinginan masyarakat setempat karena dibangun dengan menampung aspirasi warga lokal,” jelasnya.

Perlu diketahui, saat masih menjabat Demiz mewacanakan pembangunan Gedung Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat atau WJACC seluas 1,5 hektar di Jalan Pahlawan Bandung. Saat itu, Pemprov Jawa Barat menggelar sayembara desain gedung dan rencananya pembangunan fisik dimulai awal 2018.

Sementara kali ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami juga memiliki rencana yang mirip. Selama lima tahun kedepan akan dibangun 27 pusat kebudayaan di kabupaten dan kota. Pada 2019 ini, lima wilayah sudah siap dan segera dibangun sebagai pusat pelestarian dan pemajuan budaya lokal.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Copy Editor :

Ridwan Kamil Rencanakan Bangun Pusat Kebudayaan, Apa Kabar WJACC?