alexametrics

Ridwan Kamil Akan Bangun 27 Pusat Kebudayaan

5 Maret 2019, 14:26:19 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun pusat kebudayaan yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Namun pada 2019 ini direncanakan akan ada lima gedung untuk tahap pertama.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Sekdis Budpar) Jawa Barat Agus E Hanafiah mengatakan, bahwa pembangunan tersebut merupakan gagasan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tujuannya untuk menjunjung tinggi keberagaman kebudayaan di Jawa Barat yang memiliki keberagaman budaya.

“Ini sebagai peluang yang luar biasa sehingga dicanangkan budaya juara, salah satunya dengan pembangunan pusat kebudayaan,” kata Agus di Gedung Sate, Bandung, Selasa (5/3).

Menurutnya, dengan hadirnya pusat kebudayaan ini sangat menarik karena bukan sekedar gedung kesenian. Sehingga akan banyak aktivitas kebudayaan yang hadir di sana. Juga sebagai pusat kemajuan budaya lokal.

“Dari 27 pusat kebudayaan, pada 2019 akan dibangun di Kabupaten Subang, Ciamis, Garut, Sumedang, dan Kabupaten Bandung. Namun yang sudah dan paling siap yakni Sumedang yang sudah ada lahan sekitar 13 hektar namun untuk gedungnya sekitar 2 hektar,” jelasnya.

Perlu diketahui, Jawa Barat memiliki sebanyak 243 jenis kesenian, ratusan tradisi, dan 3 zona budaya yakni budaya Sunda, Cirebon, dan Betawi-Melayu. Sehingga Jawa Barat pantas dijadikan sebagai pusat budaya.

“Soal anggaran menggunakan APBD Pemprov dan kabupaten kota. Setidaknya tahap awal sebesar Rp 5-7 miliar untuk pembangunan 2019 ini. Namun anggaran bisa disesuaikan mungkin bisa meningkat,” paparnya.

Disinggung soal pengurus pusat kebudayaan lokal tersebut, Agus menegaskan bahwa sejak rencana pembangunan, konsep, dan lainnya itu mengakomodir tokoh setempat dan budayawan, agar tidak berbenturan.

“Sehingga yang akan mengurus dan mengaktifkan kegiatan kebudayaan semua pihak, yakni pemerintah, budayawan, komunitas, dan stakeholder terkait,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Copy Editor :

Ridwan Kamil Akan Bangun 27 Pusat Kebudayaan