alexametrics

Malaysia Berburu Tenaga Kerja di Sulsel

5 Maret 2019, 09:53:24 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Malaysia menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) terkait perekrutan tenaga kerja. Hal itu menyusul merosotnya tenaga kerja di Negeri Jiran dalam berbagai sektor.

“Karena Malaysia juga cukup pesat dalam pertumbuhan ekonomi, tetapi mereka mengalami sedikit kekurangan tenaga kerja,” ungkap Konsulat RI untuk Serawak Yonny Tri Prayitno dalam keterangan resmi, Selasa (5/3).

Sebelumnya, Yonny telah melakukan pertemuan khusus dengan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Pertemuan di gelar di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (4/3).

Pada pertemuan itu dibahas tindak lanjut dari hubungan kerja sama dua provinsi beda negara tersebut. Salah satu kesimpulan sementara yang dihasilkan adalah kerja sama akan diwujudkan melalui perekrutan tenaga kerja resmi dalam pameran Job Fair.

“Artinya, pihak Serawak akan melakukan pameran di Makassar untuk memberikan sedikit gambaran mengenai profil industri mereka. Sekaligus pekerjaan-pekerjaan apa saja yang mungkin terbuka peluang untuk bekerja di Malaysia,” terang Yonny.

Pihak Serawak membutuhkan sekitar 30 ribu tenaga kerja dari Sulsel di sektor perkebunan dan sekitar 50 ribu untuk sektor manufaktur. Lalu untuk sektor konstruksi dibutuhkan sekitar 50 ribu tenaga kerja. Ini merupakan peluang bagi masyarakat Sulsel untuk bekerja di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, kerja sama tersebut akan terwujud dalam Job Fair yang kan digelar di Kota Makassar. Namun terkait waktu pelaksanaan hingga saat ini belum ditetapkan. Pemprov dan Pemerintah Serawak Malaysia masih melakukan persiapan teknis.

“Itu ada Job Fair di sini. Itu sudah disampaikan dan semua jenis job-jobnya dan kriterianya nanti dikasih lihat ke kami. Mana-mana saja dibutukan, katanya ada 40 ribuan orang. Ini Job Fair akan dibahas dengan lanjut,” pungkas Sudirman.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Malaysia Berburu Tenaga Kerja di Sulsel