alexametrics

KM Formosa Hilang Kontak di Perairan Nias Selatan

5 Maret 2019, 14:29:57 WIB

JawaPos.com – Kapal Motor (KM) Formosa 12 dikabarkan hilang kontak di perairan Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (5/3). Kapal membawa 20 Anak Buah Kapal (ABK). Terakhir, kapal terdeteksi sekitar pukul 05.30 WIB. Lokasinya di dekat Pulau Pini, Nias Selatan.

“Kami mendapat kabar dari nelayan lainnya. Mereka meminta tolong karena air sudah masuk ke dalam kapal,” ucap Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias Selatan Tonggor Gultom.

Kapal di sekitar lokasi KM Formosa sempat bergerak untuk memberikan pertolongan. Namun cuaca buruk dan gelombang tinggi menyulitkan mereka. Hingga kini, KM Formosa belum diketahui keberadaannya.

“Kami sudah melakukan rencana operasi dengan mempersiapkan kapal. Namun cuaca buruk. Kapal-kapal nelayan sekitar itupun menghindar dari gelombang tinggi,” ujar Tonggor.

Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2 hingga 3 meter. SAR Nias Selatan terus memaksimalkan upaya pencarian. Mereka juga sudah melakukan kordinasi dengan TNI/Polri setempat.

“Kami dapat informasi para korban menggunakan pelampung dan bisa dievakuasi. Tapi ini lagi cuaca buruk. Akan kami kabari perkembangan lanjutannya,” tutup Tonggor.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Prayugo Utomo

Copy Editor :

KM Formosa Hilang Kontak di Perairan Nias Selatan