alexametrics

Jalan Lintas Sumbar-Sumut Ambles

5 Maret 2019, 14:19:19 WIB

JawaPos.com – Jalan penghubung Sumatera Barat (Sumbar) dengan Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan ambles sejak Senin (4/3) malam. Rusaknya jalan nasional di Kabupaten Pasaman, Sumbar itu dipicu hujan deras.

Kabar tersebut dibenarkan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Sumbar Rumainur. Menurutnya, jalan ambles berada di Jorong Ampang Gadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.

“Tim Balai Jalan sudah menuju lokasi jalan ambles. Tim BPBD Pasaman, TNI, Polri, dan masyarakat juga ikut membantu memindahkan barang berharga milik masyarakat yang terimbas amblesnya jalan,” kata Rumainur, Selasa (5/3).

Jalan Ambles
Kondisi jalan ambles, jembatan dan rumah warga rusak di Pasaman akibat hujan deras. (Dok. BPBD Sumbar)

Amblesnya jalan turut merusak satu unit jembatan penghubung lintas Sumbar-Sumut. Akibatnya, jalur tersebut tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Selain itu, satu rumah warga rusak berat akibat diterjang derasnya air. “Tim sudah di lapangan menunggu air surut. Setelah itu, baru dicari solusi agar jalan bisa dilewati,” terang Rumainur.

Rumainur mengimbau masyarakat untuk waspadai banjir. Sebab curah hujan yang cukup tinggi nyaris terjadi di seluruh wilayah Sumbar. “Kami berharap masyarakat waspada karena curah hujan tinggi bisa menyebabkan banjir dan longsor serta jalan amblas,” pesannya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Riki Chandra



Close Ads
Jalan Lintas Sumbar-Sumut Ambles