alexametrics

Ahmad Dhani Duga BAP Sengaja Dibuat Tak Sesuai Saksi

5 Maret 2019, 17:07:27 WIB

JawaPos.com – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya selesai menggelar sidang kasus dugaan pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani. Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda sama. Yakni, pemeriksaan saksi.

Selama sidang yang digelas Selasa (5/3), banyak saksi yang bicara jujur terkait vlog Ahmad Dhani yang mengadung kata kasar. Para saksi lantas mencabut keterangannya di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Ahmad Dhani bereaksi terhadap keterangan 4 saksi fakta yang hadir pada persidangan. Menurutnya, semua keterangan saksi yang didengarnya tidak benar.

Hal itu membuat Ahmad Dhani menyangsikan keterangan di BAP saat penyidikan di Polda Jawa Timur (Jatim). Ahmad Dhani menduga ada keterangan dalam BAP yang sengaja dibuat tidak sesuai keterangan saksi. “Ada saksi yang BAP-nya ditulis orang yang asing,” kata Ahmad Dhani singkat di PN Surabaya, Selasa (5/3).

Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian menambahkan, memang ada dugaan intervensi pada penulisan BAP para saksi. Diduga, penyidik yang mengintervensi pelaporan para saksi. “Saksi menyatakan bahwa mereka tidak pernah menjawab apa yang ada di BAP. Lantas dari mana jawaban itu? Ini tentu pertanyaan besar kepada penyidik. Apakah diarahkan atau tidak,” sambung Aldwin.

Saksi mencabut 9 poin keterangan pada BAP. Salah satunya keterangan saksi yang mengatakan bahwa terdakwa menghina pengunjuk rasa di depan Hotel Majapahit, Surabaya.

Aldwin memandang penghinaan kepada pengunjuk rasa sebenarnya tidak ada. Saksi juga tidak dapat menjawab ketika dikonfirmasi soal itu. “Jadi sebenarnya persidangan ini, menurut saya apa yang harus dibuktikan? Tidak ada unsur pidana di dalamnya. Video yang penting itu juga tidak masuk dalam daftar barang bukti,” tegasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Aryo Mahendro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ahmad Dhani Duga BAP Sengaja Dibuat Tak Sesuai Saksi