alexametrics

Tahun Keberuntungan, Penjual Burung Pipit Raih Omset Puluhan Juta

5 Februari 2019, 16:00:43 WIB

JawaPos.com – Salah satu ritual ibadah perayaan Imlek umat Tionghoa yakni melepaskan burung pipit. Dalam kepercayaan mereka, melepaskan burung berarti lepas dari kungkungan masalah.

Hal ini pun mendatangkan rezeki berlimpah bagi pedagang burung pipit. Salah satunya Damin penjual burung pipit di Wihara Dharma Bhakti. Ramainya yang ingin melakukan ritual pelepasan burung, membuatnya untung besar-besaran, hingga 200 kali lipat.

“Burungnya sudah hampir 10.000 ekor (terjual), dibanding hari biasa paling 500 ekor lumayan lah. Kalau kotak gede itu isinya ya tergantung niatnya yang beli, soalnya beda-beda ada yang dikit ada yang banyak,” jelasnya saat ditemui di Vihara Dharma Bakti, Jakarta Barat, Selasa (5/2).

Tahun Keberuntungan, Penjual Burung Pipit Raih Omset Puluhan Juta
Penjual burung pipit di Wihara Dharma Bhakti raup keuntungan (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Damin menjelaskan perekor burung pipit dibanderol harga Rp 1.500 hingga Rp 2.000. Dikarenakan bertepatan dengan hari Imlek, Damin kebanjiran pesanan hingga 500 ekor perorang, walau ada juga yang memesan 50 ekor perorang.

“Nanti dipesen kan, terus dicarakan tuh di dalam ritualnya baru dilepas. Penghasilannya kalau di hari ini diharapkan gede karena ramai dibanding biasanya. Tapi lebih banyakan tahun kemarin, kalau hari ini nggak terlalu ramai yang ngerayain,” tuturnya.

Namun tidak dipungkiri, Damin menyatakan perayaan Imlek kali ini tidak seperti tahun lalu sebab sedikit yang beribadah di Wihara Dharma Bakti. Tetapi Damin mengakui bahwa penghasilannya pada Imlek mencapai puluhan juta.

“Kayaknya lebih ramai ya tahun lalu, jam segini biasanya sudah 15 ribu habis, ini 10 ribu juga belum, saya stok 20 ribu. Ini jenisnya burung pipit dari Jawa Timur didatengin naik kereta dijemput di kota,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tahun Keberuntungan, Penjual Burung Pipit Raih Omset Puluhan Juta