alexametrics

Shio Babi Tanah, Tahun yang Baik untuk Usaha, tapi Jangan Serakah

5 Februari 2019, 12:50:43 WIB

JawaPos.com – Tahun Baru Imlek pada 2019 ini memasuki tahun Babi Tanah. Warga Tionghoa mempercayai, penandaan shio babi tanah tersebut mempunyai segudang arti.

Seorang pendeta Konghucu, Adjie Chandra, 60 menyampaikan, bahwa tahun ini merupakan tahun yang cukup bagus untuk berusaha. Sebagaimana arti seekor babi di warga Tionghoa adalah lambang dari kemakmuran. “Setiap shio itu ada sisi positif dan juga ada negatifnya. Dan untuk tahun ini kan shio Babi tanah, babi itu perlambang kemakmuran, itu kalau dari segi positifnya,” ujarnya, Minggu (3/2).

Sedangkan, Adjie melanjutkan, sisi negatifnya yakni babi merupakan hewan pemalas dan juga dikenal sangat rakus. Maka dari itu, Adjie pun menyarankan agar bagi yang ingin berusaha di tahun ini agar tidak terlalu rakus. “Dan jangan sampai bertahan dengan kemalasan atau justru terlalu serakah hanya demi mendapatkan keuntungan,” imbuhnya.

Tahun Baru Imlek 2019
Lampion shio ditempatkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman atau depan kompleks Balai Kota Solo. Di sepanjang jalan tersebut ribuan warga sudah mengular. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Sedangkan tanah sendiri, menurutnya adalah tempat manusia berpijak atau hidup. Maka dari itu, sudah selayaknya manusia juga berupaya untuk meningkatkan kemakmuran di tahun 2019 ini. Tetapi, tanah juga bisa berarti buruk yakni sebagai tempat manusia berpulang atau kuburan. Dan hal ini pun tidak bisa dipungkiri. Karena semua manusia juga akan kembali ke tanah (mati).

“Kalau tidak bisa melakukan upaya untuk memakmurkan, ini bisa berbalik menjadi buruk. Karena bisa diartikan sebuah kuburan,” ungkapnya.

Terlebih, tahun ini merupakan tahun politik maka semuanya harus berupaya untuk bisa membawa kemakmuran bagi rakyatnya. Dan jika tidak, maka rakyat juga akan menjalani kehidupannya dengan kesengsaraan. “Maka pejabat dalam mengambil setiap keputusan juga harus berpihak pada kepentingan rakyat, dan tidak hanya pada satu golongan saja,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Shio Babi Tanah, Tahun yang Baik untuk Usaha, tapi Jangan Serakah