alexametrics

Kebakaran Wihara Samudra Budhi Diduga Karena Lilin, Sempat Ada Ledakan

5 Februari 2019, 16:52:06 WIB

JawaPos.com – Kebakaran Wihara Samudra Bhakti di Jalan Klenteng, Bandung telah padam, Selasa (5/2). Diduga api berasal dari lilin merah yang ada di dalam wihara. Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Bandung Ferdi Ligaswara menjelaskan, api dipicu dari lilin yang dibakar dalam perayaan tahun baru Imlek.

“Kronologi kejadian, menurut keterangan saksi yakni seorang petugas keamanan, api berasal dari lilin sembayang yang tertiup angin dan merembet ke bagian dapur, sempat terdengar ledakan di bagian dapur juga,” kata Ferdi di Bandung, Selasa (5/2).

Warga dan umat yang tengah beribdah pun menyaksikan kejadian kebakaran tersebut. Kemudian segera melapor ke Diskar PB melalui emergency call 113 untuk meminta bantuan.

“Tidak ada korban dalam kejadian tersebut,” ucapnya.

Adapun objek yang terbakar di Wihara Samudra Bhakti diantaranya gudang beras, gudang minyak lilin, kamar karyawan, tempat sembahyang atau Altar, kantor Budha Gaya, kantor Suhu, dan kamar Suhu.

“Luas area keseluruhan kurang lebih 2.000 meter persegi, namun objek yang terbakar seluas sekitar 1.000 meter persegi,” jelasnya.

Untuk diketahui, kebakaran di Wihara Samudra Bhakti terjadi pukul 10.41 WIB berdasarkan laporan dari warga. Kemudian dengan sigap sebanyak 17 unit pemadam diturunkan dan petugas berjibaku hingga api padam.

Saat kejadian pun, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema tengah mengecek keamanan di Wihara Samudra Bhakti.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kebakaran Wihara Samudra Budhi Diduga Karena Lilin, Sempat Ada Ledakan