alexametrics
Perpaduan Budaya Betawi dan Tionghoa

Festival Pecinan sepanjang Grogol Akan Digelar saat Cap Go Meh

5 Februari 2019, 06:00:23 WIB

JawaPos.com – Seluruh warga Tionghoa akan merayakan Hari Raya Imlek besok Selasa (5/2). Untuk menambah keramaian Imlek, pihak perhimpunan Indonesia Tionghoa (Perhimpunan Inti) akan menyelenggarakan festival pecinan usai Imlek atau dikenal cap go meh.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jakarta Barat, Ahmad Syahrofi menyebutkan hal ini adalah inisiasi dari perhimpunan. Menurut dia, akan ada kegiatan yang dinamakan festival pecinan, dengan tujukan mempersatukan umat beragama.

“Jadi mereka bikin acara, lalu mereka audensi dengan Gubernur dan dinas Pariwisata dan Sudin pariwisata kira-kira begitu. Nanti dilaksanakan di sekitar Jalan Pancoran dan Grogol,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (4/2).

Nantinya warga akan dimanjakan dengan hiburan rakyat berbasis komunitas Tionghoa, misalnya daliong, barongsai, bahkan ada kaligfafi, drama musikal Sun Go Kong. Pertunjukkan musik lagu mandarin pun akan hadir memanjakan telinga.

“Bedanya nanti biasa kita tambahin ada tanjidor, ondel-ondel, musik gambang kromong juga, ada keroncong juga campur-campur antar Betawi dengan Tionghoa,” ungkapnya.

Acara Cap Gomeh akan diadakan mulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pada 21.00 WIB. Ahmad optimis acara kali ini akan dihadiri 10 ribu warga, sebab yang menyelenggarakan acara ini tidak hanya satu kelompok.

Walaupun anggaran dikeluarkan oleh komunitas, namun Pemerintah pun mendukung anggaran hingga Rp 250 juta untuk berbagai bentuk kesenian. Harapannya, semua warga Jakarta dapat saling menghargai dalam perbedaan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Reyn Gloria

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Festival Pecinan sepanjang Grogol Akan Digelar saat Cap Go Meh