alexametrics

Damai, Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswa UGM Jalan Terus

5 Februari 2019, 15:40:55 WIB

JawaPos.com – Laporan polisi atas kasus dugaan pelecehan seksual mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta belum akan dicabut oleh pelapornya. Meski sudah ada kesepakatan penyelesaian dari kampus maupun mahasiswa yang terlibat, proses hukum diharapkan masih berjalan terus.

Kepala Satuan Keamanan dan Keselamatan Kampus (SKKK) UGM, Arif Nurcahyo yang merupakan pelapor dari kasus itu mengatakan, ia saat ini memilih untuk menunggu saja proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh kepolisian Polda DIJ.

“Terbukti atau tidak menjadi otoritas teman-teman penyidik. Saya menunggu saja mempercayakan ke polisi, sistem hukum, dan UGM,” katanya, saat dihubungi wartawan, Selasa (5/2).

Dikatakannya, sejak awal ia melaporkan kasus ini ke kepolisian karena atas berbagai pertimbangan. Yakni moral profesional, karena ia sebagai seorang psikolog merasa kasihan terhadap mahasiswa yang terlibat maupun UGM.

“Saya juga kepala keamanan UGM kemudian (melihat) banyak yang menumpangi dan demo. Saya sebagai alumni saya ditanya teman-teman, ya saya bertanggung jawab untuk melaporkan supaya ada titik terang dan segera UGM mengambil sikap, itu latar belakangnya,” katanya.

Untuk diketahui, dalam Laporan Polisi Nomor LP/764/XII/2018/SPKT tertanggal 9 Desember 2018, tertera korban AN, kemudian mahasiswa HS sebagai terlapor. Pada Senin (4/2) lalu UGM maupun mahasiswa yang terlibat telah melakukan kesepakatan penyelesaian secara damai.

Terpisah, Kabid Humas Polda DIJ, AKBP Yuliyanto mengatakan, pihaknya belum menerima surat mengenai kesepakatan damai yang dilakukan pihak UGM bersama mahasiswa yang terlibat. Meski begitu, penyidikan masih tetap berjalan. “Penyidikan masih tetap jalan,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Damai, Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswa UGM Jalan Terus