alexametrics

Kota Solo Jadi Paling Layak Huni, Ini Kata Wali Kota

5 Februari 2018, 21:28:11 WIB

JawaPos.com – Kota Solo menduduki posisi pertama sebagai kota paling layak huni dari tujuh kota lainnya di Indonesia versi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi selama kurun waktu tahun 2017 Kota Solo mendapatkan penilaian sebesar 66,9 persen. 

Menanggapi hasil ini Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengaku bangga. Menurutnya, capaian ini salah satunya karena masyarakat Solo yang sudah bisa saling menghargai kemajemukan. “Mampu saling menghormati dan menghargai. Tidak memandang suku, agama dan juga ras,” terangnya kepada JawaPos.com, Senin (5/2).

Sedangkan, lanjut Rudy, peran pemerintah yakni melakukan penataan kota. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi warga dan juga wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. 

Selain itu, dukungan untuk infrastruktur juga menjadi hal utama. Mengingat, kenyamanan tidak terlepas dari fasilitas yang memadai. Untuk itu, Pemkot terus berupaya untuk memberikan infrastruktur yang bisa menjadikan Kota Solo nyaman untuk ditinggali.

“Seperti pembangunan overpass yang sebentar lagi akan dilakukan, pembangunan jembatan kembar Kalianyar. Dan semuanya harus kami antisipasi,” katanya.

Karena, masih kata Rudy, pemerintah tidak bisa menghentikan laju pertumbuhan kendaraan. Sehingga, infrastruktur menjadi salah satu alternatif untuk memberikan kenyamanan. “Termasuk juga penyediaan ruang terbuka hijau,” tandasnya. 

Selain Kota Solo, enam kota paling layak huni lainnya yakni Palembang 66,6 persen, Balikpapan 65,8 persen. Di posisi keempat ada Kota Denpasar 65,5 persen, Tangerang Selatan 65,4 persen, Semarang 65,4 persen, dan Banjarmasin 65,1 persen. Sedangkan kota paling tidak nyaman diantaranya Pontianak, Depok, Mataram, Tangerang, Banda Aceh, Pekanbaru, Samarinda, Lampung, Medan dan Makassar.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Kota Solo Jadi Paling Layak Huni, Ini Kata Wali Kota