Prajurit TNI AL Bikin Siswa SD 'Ketagihan'

05/01/2018, 07:10 WIB | Editor: Budi Warsito
Anggota Batalyon Infanteri-10 Marinir Satria Bumi Yudha, Serka Mar Tangguh Yuwono (kanan) dan Pratu Mar Adi Bahrul Ulum (kiri) ketika memberikan pendidikan kepada murid SD Juara, Batam. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hari kedua masuk sekolah pascalibur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Siswa di SD Juara, Batam, mendapatkan pendidikan nilai-nilai kebangsaan dari Anggota Batalyon Infanteri-10 Marinir Satria Bumi Yudha, Batam, Kamis (4/1).

Konsep pendidikan dengan menggabungkan belajar dan bermain yang dilakukan dinikmati seluruh siswa sekolah binaan Rumah Zakat ini. Bahkan para murid meminta untuk terus diajar oleh dua anggota TNI AL yang hadir. "Pak Tentara besok datang lagi, kita main lagi sama pak Tentara," teriak Damares, murid kelas 2 SD Juara.

Dalam kesempatan ini, dua anggota Marinir, Serka Mar Tangguh Yuwono dan Pratu Mar Adi Bahrul Ulum, menanamkan semangat kebangsaan kepada anak-anak dengan beragam kegiatan. Para siswa SD diajak berlatih baris-berbaris, menyanyikan yel-yel, olaraga bersama, hingga melatih kecerdasan dan daya ingat siswa melalui game seruh serta menyenangkan.

Dengan tingkah polos anak-anak yang hadir, tidak jarang kedua anggota Marinir ini melepaskan senyum geli. Mereka juga nampak sabar melayani tingkah anak-anak. Tidak terlihat sedikitpun raut seram khas TNI selama mereka mengisi kegiatan pendidikan cinta tanah air ini. Sebaliknya anak-anak malah nampak senang dengan ragam permainan yang dihadirkan.

Dalam kesempatan itu, keduanya prajurit TNI itu juga menceritakan bagaimana tugas-tugas Marinir, Angkatan Darat dan Angkatan Udara dalam mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kalau ada penjajah kita akan lawan dari darat dengan senjata, dengan pesawat, dan dengan kapal," kata Pratu Mar Adi Bahrul Ulum yang disambut sorak sorai para murid.

Antusiasme dan keberanian para murid selama menjalani kegiatan ini diakui Serka Tangguh Yuwono menjadi sesutu yang istimewa. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi para siswa akan terus merasa kurang dengan pengetahuan yang telah didaptakan. Hal itu menjadi modal bagus yang tentu memberi nilai lebih untuk mereka ke depan. "Antusias sekali mereka, mereka juga cukup berani, biasanya ada yang takut" kata Yuwono.

Lebih lanjut, Yuwono mengharapkan proses belajar yang ada di sekolah ini bisa terus dipertahankan. Dengan begitu generasi yang ada bisa menjaga, bahkan membawa kemajuan buat bangsa indonesia di masa mendatang.

Sementara itu, Shofar Fitrotul Al Amin, guru SD Juara Batam yang mendampingi para murid mengaku senang dengan pengenalan pendidikan yang dilakukan oleh anggota Marinir ini. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa kembali digelar dengan lebih banyak lagi anggota TNI yang hadir. "Kita akan ingatkan anak-anak supaya menjalankan pesan dari pak tentara, kita juga ingin kegiatan ini lebih sering karena sangat bermanfaat buat mental anak-anak" kata Sofar.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi