alexametrics

Kasus Dugaan Pelecehan Mahasiswi UGM, Polda Periksa 13 Orang

4 Desember 2018, 16:34:44 WIB

JawaPos.com – Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) telah meminta keterangan terhadap 13 orang terkait kasus pelecehan mahasiswa UGM, Selasa (4/12). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk membuat terang kasus yang tengah dilidik.

“Saat ini masih dalam penyelidikan. Sudah ada 13 orang yang kami mintai keterangan. Mereka yang kami periksa, diduga yang mengetahui, mendengar dan melihat,” kata Direktur Ditreskrimum Polda DIJ, Kombes Pol Hadi Utomo saat ditemui di Mapolda DIJ, Selasa (4/12).

Ia mengaku sejauh ini memang sudah melakukan gelar perkara. Namun, bukan berarti bisa langsung ditentukan apakah dinaikkan ke status penyidikan atau tidak. “Kan tidak hanya sekali (gelar perkara). Kami menentukan agar semakin didalami,” katanya.

Sekiranya memang nanti akan dinaikkan menjadi penyidikan, maka mereka yang diperiksa itu juga ditentukan. Siapa yang menjadi korban, terduga pelaku, atau hanya saksi saja.

Pihaknya berjanji akan mengungkap kasus ini ke publik jika memang sudah ada titik terang. Namun, dengan catatan tetap akan ada yang tidak bisa menjadi konsumsi masyarakat. “Ini akan kami sampaikan ke media, tapi ada beberapa hal yang tidak bisa disampaikan,” katanya.

Petugasnya juga terus melakukan koordinasi dengan Polda Maluku. Karena di sana yang merupakan tempat dugaan peristiwa tersebut terjadi. “Tempat kejadiannya di Maluku, kami masih koordinasi dengan pihak sana,” ucapnya.

Sebelumnya, mahasiswa teknik UGM, HS diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap rekannya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram, Provinsi Maluku pada 2017 silam. Kasus itu kembali mencuat beberapa waktu belakangan. Korban pun yang diketahui dari mahasiswi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) saat ini masih mendapatkan pendampingan psikologi.

Dalam penanganannya pihak UGM juga telah membentuk tim etik. Guna pengumpulan data yang nantinya menjadi bahan pertimbangan bagi universitas untuk menentukan langkah ke depan, apakah akan resmi dilaporkan ke kepolisian atau diselesaikan di internal.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kasus Dugaan Pelecehan Mahasiswi UGM, Polda Periksa 13 Orang