alexametrics

Back up Pengamanan, Polda Jatim Kirim Satu Kompi Pasukan ke Papua

4 Desember 2018, 18:50:07 WIB

JawaPos.com- Sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya dibantai di Kali Yiqi-Kali Aurak, Distrik Yiqi, Papua Tengah, kemarin (3/12). Polda Jawa Timur merespon dengan mengirim satu kompi pasukan ke Papua. Satu kompi pasukan itu berisi 100 orang Brimob Detasemen A, B, dan C.

Rencananya, pasukan itu akan diberangkatkan besok (5/12), sekitar pukul 19.00 WIB. Mereka akan diterbangkan dengan pesawat Sriwijaya Air. Nantinya, satu kompi Brimob itu akan bertuga di bawah komando Polda Papua.

“Mereka (Brimob) punya spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan situasi di sana (Papua). Juga untuk menggantikan operasi Maleo yang sudah berakhir masanya,” jelas Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombespol Frans Barung Mangera, Selasa (4/12).

Back up Pengamanan, Polda Jatim Kirim Satu Kompi Pasukan ke Papua
infografis pembunuhan di papua (kokoh praba / jawapos.com)

Barung mengatakan, tugas mereka berdasarkan arahan dan perintah dari Polda Papua. Dengan kata lain, mereka mem-back up pengamanan atau membantu operasi kepolisian Papua.

Jadi, bukan secara khusus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Mereka akan mengamankan dan menjaga obyek-obyek vital di Papua.

“Saya tidak berkomentar terkait situasi di Papua saat ini. Tapi bicara penguatan pasukan pengamanan yang akan membantu Polda Papua. Karena, ini di bawah kendali operasi,” tambah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol)1992 tersebut.

Diberitakan sebelumnya, situasi di lokasi pembantaian tergolong sudah aman. Sudah tidak ada konflik dengan masyarakat setempat. Namun,atas peristiwa tersebut, pemerintah terpaksa menghentikan proyek Trans-Papua segmen V.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Back up Pengamanan, Polda Jatim Kirim Satu Kompi Pasukan ke Papua