JawaPos Radar

Ini yang Diajarkan Polisi ke Anak-Anak Korban Penyanderaan

04/12/2017, 14:10 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Ini yang Diajarkan Polisi ke Anak-Anak Korban Penyanderaan
Seorang Polwan nampak sedang menangani anak-anak korban penyanderaan di Timika, Papua (Radar Timika/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kepedulian ditunjukkan Polda Papua guna memulihkan rasa trauma warga Kampung Banti dan Kimbeli, Distrik Tembagapura pasca penyanderaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua, Sabtu (2/12) sekitar pukul 11.00 WIT melaksanakan kegiatan pemulihan trauma untuk warga Banti dan Kimbely di Distrik Kwamki Narama.

Dilansir dari Radar Timika (Jawa Pos Group), saat ini para warga ditampung di gedung Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua jemaat Anugerah Distrik Kwamki Narama, pasca dievakuasi dari Distrik Tembagapura pada Senin (20/11) lalu ke Kota Timika.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs AM Kamal, SH dalam rilisnya kepada Radar Timika, Sabtu siang, mengatakan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda Papua, AKBP Taufik Irfan SH dan melibatkan seluruh personel Polwan Polres Mimika, serta tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika.

“Kegiatan berupa pembelajaran bagi anak-anak yang berjumlah sekitar 100 orang. Mereka diajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Kemudian berbagai permainan dan peragaan oleh Polwan maupun tim dari PMI,” tulis Kamal dalam rilisnya.

Lebih lanjut Kabid Humas menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk menghilangkan rasa trauma dari anak-anak pasca terjadi penyanderaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata (KKSB).

“Kegiatan berlangsung selama tiga hari, bertujuan untuk menghilangkan rasa trauma kepada anak-anak. Pasca terjadinya kejadian di Banti, Kimbeli maupun di Utikini beberapa waktu lalu itu,” sambungnya.

Kemudian kata Kabid Humas kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sumbangan sosial, dari Kapolda Papua yang diwakili oleh Kabag Psikologis Biro SDM Polda Papua, yang diterima secara langsung oleh Kepala Suku Banti, Kamaniel Waker disaksikan Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackbon, SH SIK MH MSi dan Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa maupun masyarakat dari Kampung Banti dan Kimbeli.

“Sebenarnya Pak Kapolda yang langsung memberikan bantuan itu, tetapi karena ada pekerjaan dan tugas yang tidak bisa ditinggalkan, maka diberikan kepercayaan kepada Kabag Psikologi dan tim. Harapan semoga dengan bantuan ini warga pengungsian bisa menerima dan dapat bermanfaat, juga bisa berguna serta merupakan bentuk kepedulian secara kemanusiaan,” papar Kamal.

(sad/jpg/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up