alexametrics

Bertindak Berlebihan, Lima Petugas Lapas Narkotika Diperiksa

4 November 2021, 13:05:48 WIB

JawaPos.com–Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Jogjakarta, memeriksa lima petugas Lapas Narkotika Kelas II A Jogjakarta, Kamis (4/11). Mereka diperiksa karena terindikasi menerapkan kedisiplinan berlebihan terhadap para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

”Kami temukan indikasinya ada lima petugas yang sering melakukan seperti itu. Penerapan kedisiplinan terlalu berlebihan dan membuat tidak nyaman warga binaan,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham DI Jogjakarta Gusti Ayu Putu Suwardani seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Kamis (4/11).

Hal itu terungkap berdasar hasil investigasi sementara yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jogjakarta selama empat hari di lapas yang terletak di Pakem, Kabupaten Sleman. ”Setelah berkali-kali kami lakukan investigasi ke dalam wisma, memang tidak cukup sekali. Kami harus masuk lagi ke dalam, masuk pelan-pelan begitu. Akhirnya memang ada indikasi terjadi penerapan disiplin yang dirasa berlebihan kepada warga binaan,” terang Gusti Ayu.

Penerapan disiplin berlebihan itu, menurut dia, diduga dilakukan lima petugas itu saat masa pengenalan lingkungan (mapenaling) bagi para penghuni lapas baru. Khususnya di Blok Edelweis Lapas.

Lima orang itu sehari-hari memiliki posisi sebagai petugas Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan beberapa lainnya sebagai petugas regu pengamanan lapas. ”Karena memang merekalah yang melakukan mapenaling di Blok Edelweis,” ungkap Ayu.

Penerapan disiplin kepada warga binaan, lanjut dia, diperlukan saat masa pengenalan lingkungan lapas. Bahkan hal serupa dapat dijumpai di lapas lain. Melalui mapenaling, warga binaan yang baru tiba mendapatkan pengarahan mengenai aturan main selama berada di lapas.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: