alexametrics

Diterjang Banjir, 6 Rumah Warga di Solok Rusak Parah

4 November 2018, 22:23:04 WIB

JawaPos.comBanjir yang menerjang Kabupaten Solok, Sumatera Barat mengakibatkan setidaknya 6 unit rumah warga rusak parah, Minggu (4/11). Keenam rumah tersebut berada di Baringin, Jorong Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Dibawah.

Beruntung, bencana alam yang terjadi Minggu (4/11) pagi itu tidak menelan korban jiwa. Namun, pascabanjir bandang, nyaris semua pemukiman warga tertutup material lumpur dan potongan kayu yang berasal dari luapan aliran sungai Baringin.

Longsor juga memutus akses jalan penghubung Koto Sani-Ujung Ladang. “Kami dikagetkan suara gemuruh. Semula, kami kira itu hanya gemuruh hujan. Tahu-tahu bunyi itu datang dari sungai. Untungnya, warga memang sudah siaga sejak malam karena hujan yang terus deras,” kata salah seorang tokoh masyarakat Koto Sani, Hendri Dunant Dt Endah Bongsu, Minggu (4/11).

Solok Kebanjiran
Pascabanjir bandang, nyaris semua pemukiman warga tertutup material lumpur dan potongan kayu yang berasal dari luapan aliran sungai Baringin. (Istimewa)

Sementara itu, Kasi Logistik BPBD Kabupaten Solok Bardiansyah mengatakan, banjir bandang dipicu meluapnya sungai Baringin. Menurutnya, terdapat belasan rumah yang dihantam luapan air bercampur lumpur, pasir, batu hingga kayu.

Namun, yang dirusak banjir bandang sementara hanya 1 unit masjid dan 6 unit rumah warga. “Banjir bandang juga merusak puluhan hektare sawah dan kolam ikan masyarakat,” katanya.

Untuk membersihkan pemukiman dari timbunan material banjir bandang, tim BPBD gabungan bahu-membahu bersama warga sekitar. Termasuk membersihkan sejumlah titik dalam aliran sungai Baringin dari potongan kayu-kayu besar. “Pembersihan juga dibantu alat berat,” tambah Hendri Dunant.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (rcc/JPC)

Diterjang Banjir, 6 Rumah Warga di Solok Rusak Parah