JawaPos Radar

265 Tim Pelajar Bersaing di Kontes Robot Pintar Yogyakarta

04/11/2017, 14:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kontes Robot Pintar Yogyakarta
Suasana di Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2017 di Taman Pintar, Yogyakarta, Sabtu (4/11) (ridho hidayat/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 265 tim pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat asal beberapa daerah, bersaing di Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KPRY) 2017. Even yang bertujuan sebagai wadah kreativitas anak itu berlangsung di Taman Pintar, Yogyakarta.

"Kreativitas anak-anak ada wadahnya, semangatnya terpacu. Kalau tidak ada seperti ini, buat apa membuat robot. Kalau ada kompetisi kan jadi termotivasi, ada hadiahnya lagi," kata Pembimbing dari SMP Muhammadiyah 3 Depok, Yogyakarta, Fahrudin Ikhsan kepada jawapos.com, Sabtu (4/11).

Dua kategori diikutinya, yaitu pada line follower dan light follower. "Robot ini tidak bisa memahami bahasa kita. Tapi mengikuti garis yang berbeda di lintasan dan arah datang cahaya," terangnya.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta
Peserta Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2017 (Ridho Hidayat/Jawapos.com)

Robot yang dilombakan, lanjut Fahrudin, seluruhnya dibuat oleh pelajar SMP Muhammadiyah 3 Depok. Proses pembuatan setidaknya butuh waktu sekitar dua bulan, dengan dana antara Rp 800.000 hingga Rp 1 juta. "Paling mahal komponen motor dan baterainya," ujarnya.

Fahrudin sendiri sudah tiga kali mendampingi pelajar di ajang KPRY. Tahun sebelumnya, anak didiknya berhasil mendapatkan juara satu dari kategori robot sumo.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan, kontes robot pintar digelar hingga Minggu (5/11) besok. Selain line follower dan light follower, juga ada kategori light surveilance robot. Yaitu, robot beroda untuk penjejak cahaya dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler.

Serta ada robot yudha dengan sistem saling dorong antar-robot hingga keluar arena, dan kategori SD. Berupa pertandingan robot yang diperintah melalui pengendali jarak jauh untuk mengumpulkan bola. "Kontes ini memperebutkan trophy tetap KRPY dari Wali Kota Yogyakarta. Tersedia juga beragam hadiah menarik dari Taman Pintar," papar Afia.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up