alexametrics

UNS Siap Tampung Mahasiswa Korban Gempa Sulteng

4 Oktober 2018, 12:39:38 WIB

JawaPos.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap menampung mahasiswa yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Para mahasiswa yang selama ini menempuh pendidikan di Universitas Tadulako (Untad) Palu, bisa melanjutkan pendidikannya di UNS. Sebab bencana gempa bumi dan tsunami membuat perkuliahan tidak bisa dilanjutkan hingga batas waktu tertentu.

Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi menjelaskan, kebijakan ini sesuai dengan pengumuman resmi dari Rektor Untad melalui Majelis Rektor PTN se-Indonesia (MRPTNI) dan saat diadakan Forum Rektor Indonesia (FRI). “Adanya gempa dan tsunami membuat pelayanan pendidikan di Untad tidak bisa berjalan. Maka dari itu, kami menyiapkan diri untuk menampung mahasiswa dari Untad,” terang Ravik, Kamis (4/10).

Nantinya status mahasiswa yang ditampung sementara di UNS adalah sebagai titipan. Jika nantinya Untad sudah siap untuk kembali mengadakan perkuliahan, para mahasiswa bisa kembali ke kampusnya. “Statusnya sebagai mahasiswa titipan di UNS. Kalau perkuliahan di Untad sudah siap, kami kembalikan,” ungkapnya.

Selain UNS, ada sejumlah universitas yang juga siap menampung mahasiswa dari Untad. Di antaranya Universitas Khaerun Ternate, Universitas Halu Oleo Kendari, Unsrat, Unhas, UNG, Unsulbar, Unmul, Unlam, Untan, Unpar, Unesa. Kemudian ada juga ITS, Univet Jogja, UGM, IPB, Unpad, Unand dan juga PTN lainnya.

Para mahasiswa Untad yang meninggalkan Palu dan berada di kota lain bisa mengikuti kuliah Sit In di Prodi yang relevan dan mata kuliah yang sesuai di PTN yang ditunjuk. “Untuk mekanismenya, mahasiswa bisa menghubungi Dekan Fakultas di PTN atau ke rektorat sembari menunjukkan kartu tanda pengenalnya,” tandasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
UNS Siap Tampung Mahasiswa Korban Gempa Sulteng