alexametrics

Pemprov Jatim Kirim Bantuan Uang dan 16 Dokter Ortopedi ke Palu

4 Oktober 2018, 16:43:43 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) turut memberikan rasa empati kepada para korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal itu ditandai dengan penyalurkan bantuan berupa uang sebesar Rp 5 miliar, serta mengirimkan 16 dokter Ortopedi ke lokasi bencana.

Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan, pihaknya memang tidak mengirimkan bantuan berupa logistik untuk korban bencana di Palu. Melainkan berupa uang dan tenaga dokter.

“Tidak kirim bantuan logistik. Kirim uang Rp 5 miliar dari Pemda Provinsi sama ke Lombok juga Rp 5 miliar. Kedua kirim tenaga dokter, terutama untuk Ortopedi, untuk bedah tulang, karena sebagian besar pasien ini patah tulang. Ada enam belas dokter yang dikirim plus tagana macam-macam ada 40 orang,” ujar Soekarwo saat menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (4/10).

Dia menyampaikan, selain mengirimkan bantuan, pihaknya juga telah membuka posko di lokasi bencana. “Kami buat posko disana. Tapi yang diperlukan itu dokter ortopedi. Sudah dikirim semua,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengungkapkan, alasannya tidak mengirimkan bantuan berupa logistik karena terkendala angkutan menuju ke lokasi bencana. “Kalau uang kan bisa langsung dibelikan disana,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) petang. Gempa tersebut disusul dengan gelombang tsunami yang menerjang wilayah Palu.
Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya ada sekitar 1.234 orang yang menjadi korban bencana alam tersebut. Hingga saat ini, pemerintah masih melakukan evakuasi terhadap para korban dan membuka akses jalan untuk distribusi bantuan kepada para pengungsi.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pemprov Jatim Kirim Bantuan Uang dan 16 Dokter Ortopedi ke Palu