alexametrics

Jenazah Korban Gempa Sulteng, Wiranto: Identifikasi, Foto, dan Tanam

4 Oktober 2018, 11:14:24 WIB

JawaPos.com – Proses evakuasi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berlangsung. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menginstruksikan kepada tim evakuasi agar bergerak cepat.

“Hari ini tidak boleh lagi ada mayat yang tergeletak di luar setelah diidentifikasi, harus segera tanam. Identifikasi, foto, dan tanam,” tegas Wiranto usai mengunjungi posko pusat informasi bencana di Makorem 132 Tadulako, Kota Palu, Kamis (4/10).

Ratusan jenazah diketahui masih belum dievakuasi. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, maka akan menjadi masalah baru. Khususnya menjadi gangguan kesehatan bagi korban lainnya.

“Yang terpenting jangan sampai mayat itu ditahan. Jangan sampai mayat dibiarkan membusuk tanpa ada penanganan. Harus dan wajib untuk dievakuasi dan diidentifikasi secepatnya. Supaya tidak menimbulkan penyakit. Kalau ada keluarga, serahkan. Kalau tidak, tanam,” tegas Wiranto.

Sementara bagi korban luka, Wiranto memerintahkan rumah sakut untuk memberikan penanganan khusus. “Kalau di sini sudah penuh, langsung diberangkatkan saja ke Makassar atau daerah lain,” jelasnya.

Begitu pula dengan persoalan logsitik dan obat-obatan untuk seluruh korban. “Itu sementara kami proses dan percepat supaya bisa berjalan dengan tuntas,” tambah Wiranto.

Data sementara hingga saat ini, jumlah korban bencana di Sulteng sebanyak 1.407 orang. 519 Korban di antaranya tewas. Korban hilang sebanyak 113 orang, korban tertimbun 152 orang dan selebihnya adalah korban luka. Jumlah korban diperkirakan terus bertambah mengingat proses evakuasi masih terus dilakukan.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jenazah Korban Gempa Sulteng, Wiranto: Identifikasi, Foto, dan Tanam