JawaPos Radar

Wow! Ini Bonus Bagi Atlet Sumsel Peraih Medali

04/09/2018, 15:49 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Wow! Ini Bonus Bagi Atlet Sumsel Peraih Medali
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat mendampingi Muhammad Hinayah usai pemberian medali emas. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel memastikan akan memberikan bonus tambahan kepada atlet peraih medali dalam ajang Asian Games. Bonus yang diberikan yaitu satu unit rumah sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang merupakan putra daerah Sumsel.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Akhmad Yusuf Wibowo mengatakan Pemprov Sumsel berkomitmen untuk memberikan penghargaan kepada para atlet yang mendapatkan medali dalam Asian Games. Penghargaan tersebut yaitu satu unit rumah.

Seperti contoh Muhammad Hinayah atlet panjat tebing itu mendapatkan satu unit rumah dari Pemprov Sumsel. Untuk lokasi rumah tersebut akan diserahkan kepada para atlet. Artinya, atlet tersebut bebas memilih dimana rumah tersebut berada. 

"Kalau tidak salah Hinayah ini memilih rumah yang lokasinya di Muba. Nanti ini akan carikan dan akan segera diserahkan," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (4/9)

Sejauh ini, bonus diberikan kepada atlet asal Sumsel yang meraih medali yakni hanya sebatas rumah belum ada tambahan. Meskipun begitu, sebelumnya Pemprov Sumsel telah membekali bantuan kepada para atlet saat bertanding dalam Asian Games.

Bantuan ini berupa dana atau uang saku sebesar Rp 15 juta kepada 14 atlet asal Sumsel.

"Kami berharap dengan bantuan dan bonus yang diberikan ini dapat memicu semangat para atlet kedepannya," harapnya.

Ia mengaku selain bonus dari pemerintah daerah para atlet juga tentu mendapatkan bonus dari pemerintah pusat karena hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) nomor 279. Dimana ada 12 penghargaan yang diberikan kepada atlet berprestasi salah satunya yakni pengangkatan PNS.

"Di Dispora sendiri itu ada sekitar 21 atlet asal Sumsel yang sudah bekerja menjadi PNS termasuk atlet Difabel," tegasnya.

Karena itu, ia mengingatkan agar tidak perlu khawatir. Karena pemerintah telah menjamin para atlet sesuai dengan prestasinya.

Ditambahkannya, kedepan pihaknya juga akan terus melakukan pembinaan terhadap atlet asal Sumsel. Namun, pembinaan ini tidak dapat serta merta. Karena harus melewati proses atau waktu 10 ribu jam.

"Jadi untuk menciptakan atlet yang baik dan berprestasi itu tidak bisa secara akselarasi. Tapi, kami optimis dengan upaya yang dilakukan ini mampu membuat atlet berprestasi yang benar-benar dari Sumsel," tutupnya. 

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan akan memberikan bonus tambahan kepada para atlet asal yang mengharumkan nama bangsa seperti Muhammad Hinayah. Bonus tambahan tersebut yakni satu unit rumah.

Selain itu, Pemerintah daerah juga akan membiayai biaya sekolah para atlet tersebut. 

"Jadi silahkan pilih mau rumah dimana dan sekolah dimana, kami akan biayai semua," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up