JawaPos Radar

Sandiaga: Jangan Campuri Politik Sama Ekonomi

04/09/2018, 12:21 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pasar Cik Puan, Pekanbaru, Riau, Selasa (4/9). (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nilai tukar rupiah terus melemah. Selasa (4/9) pagi, rupiah berada di level Rp 14.845 per dolar AS. Menanggapi itu, Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno meminta agar pemerintah fokus pada perekonomian.

"Jangan campuri politik sama ekonomi. Fokus saja di ekonomi dulu. Itu yang kami harapkan. Nanti tim ekonomi dengan masukan semua, dari dunia usaha memberikan solusi," kata Sandiaga saat berkunjung ke Pasar Cik Puan, Pekanbaru, Riau, Selasa (4/9).

Sandiaga juga menyarankan agar pemerintah dan para pelaku dunia usaha dapat duduk bersama. Tujuannya membicarakan bagaimana solusi agar pelemahan rupiah tidak membebani masyarakat.

"Karena kami bisa antisipasi harga-harga meningkat. Biaya produksi perusahaan-perusahaan yang saya khawatir ini berujung pada PHK. Oleh karena itu, kami perlu duduk sama-sama. Pastikan penghematan, kencangkan ikat pinggang, dan juga lakukan langkah-langkah efisiensi," jelas pria kelahiran Pekanbaru itu.

Selain itu, pemerintah bisa menunda segala kegiatan impor yang dirasa kurang perlu. "Tunda dulu impor yang tidak perlu. Tunda dulu pengeluaran yang berbasis dolar yang tidak perlu. Dorong gerakan penggunaan produk lokal. Ini salah satu yang kami harapkan membantu untuk mengatasi lemahnya," tandas matan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu

Selasa ini, Sandi berkunjung ke tanah kelahirannya di Pekanbaru. Ia tiba di Bumi Lancang Kuning sekitar pukul 08.00 WIB, dan langsung mengunjungi salah satu pasar tradisional di Pekanbaru. Yaitu, Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai.

Di sana, Sandi tampak berbincang dengan para pedagang. Tujuannya mendengarkan keluhan pedagang terkait masalah jual-beli dan kondisi pasar. Setelah itu, Sandi dijadwalkan berkunjung ke kebun hidroponik mahasiswa di Jalan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya.

Selanjutnya, Sandi akan mengisi kulian umum dengan tema Membangun Jiwa Enterpreneurship Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Pemaparan itu akan disampaikan Sandi di Universitas Islam Riau (UIR). Kemudian Sandi juga akan menjalani proses adat khas Melayu. Yaitu, tepuk tepung tawar yang dilakukan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up