Hutan Jati di Gunung Geger Terbakar

04/09/2018, 16:44 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
KEBAKARAN: Pasukan gabungan pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Gunung Geger. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Sabtu (1/9) lalu, api melahap 20 hektare lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Sekarang, si jago merah ganti menghanguskan area hutan jati milik Perhutani di Gunung Geger. Tepatnya di RPH Rejosari, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Api diketahui mulai menjalar pada Selasa (4/9) siang.

Si jago merah melalap kurang lebih 0,5 hektare lahan hutan jati. Diduga, kebakaran terjadi karena putung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengendara. Mengingat hutan jati yang terbakar berada tepat di jalur utama Kepanjen-Pagak.

Dua unit mobil pemadam milik Dinas PMK Kabupaten Malang dan PT Eka Mas Fortuna Pagak diterjunkan ke lokasi kejadian. "Ini tadi dapat kabar dari Camat Pagak ada kebakaran di hutan Gunung Geger. Kami kemudian bergerak cepat. Saat tiba di sini, masih ada api yang menyala," kata Kepala Unit Industrial Safety PT Eka Mas Fortuna Pagak M Joko Apriyanto di lokasi kejadian.

Tak butuh waktu lama, api berhasil dikuasai. Si jago merah dapat dipadamkan dengan cepat. Personel pemadam kebakaran lalu melakukan penyisiran untuk mencari titik api yang masih menyala. Tujuannya agar kebakaran tidak meluas ke area lahan hutan yang lain. "Nggak sampai setengah jam, api dapat kami padamkan. Tidak ditemukan titik api lainnya," imbuhnya.

Selain dari Dinas PMK Kabupaten Malang dan PT Eka Mas Fortuna Pagak, ada pihak lain yang turut membantu melakukan pemadaman. Yakni personel dari Polres Malang, Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu dan Polisi Hutan.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi