JawaPos Radar

Dana Desa di Malang Masih Tepat Sasaran

04/09/2018, 10:08 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Dana Desa
MONEV: Monev penyerapan DD dan ADD di salah satu desa di Kecamatan Tumpang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang melakukan monitoring dan evaluasi (monev) sejak beberapa hari lalu. Tujuannya untuk melihat penyerapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I dan II di masing-masing desa.

Sejauh ini, belum ada penemuan penggunaan yang menyimpang. Pengelolaan dan penyerapan DD dan ADD masih tepat sasaran. "Monev ini untuk mengawasi apakah penggunaannya sudah sesuai dan tepat sasaran," kata Kepala DPMD Kabupaten Malang Suwadji, Selasa (4/9).

DPMD melibatkan beberapa tim pengawas dalam monev. Selain petugas internal, juga dari masyarakat, BPD, kecamatan serta Inspektorat. Targetnya, monev menjangkau semua desa di Kabupaten Malang dapat waktu secepatnya.

Setiap desa yang sudah menyesaikan penyerapan DD tahap I dan II, bisa langsung mengajukan pencarian untuk tahap III sebesar 40 persen. Pasalnya, pengajuan DD untuk tahap terakhir sudah dimulai sejak akhir Juli lalu.

Namun sampai saat ini, masih belum ada desa yang mengajukan pencarian DD tahap III. Setiap desa rata-rata masih mempersiapkan pengajuan. Selain itu, desa juga sedang proses penyelesaian persyaratan dan laporan pertanggungjawaban penyerapan anggaran tahap I dan II.

"Syarat pengajuan itu jika realiasi penyerapan anggaran tahap I dan II sudah 75 persen. Bisa ajukan untuk DD tahap III sebesar 40 persen," beber mantan Camat Kepanjen itu.

Jika semua desa sudah melaporkan pertanggungjawaban penyerapan dan mengajukan pencarian tahap III, anggaran pembangunan desa dari pemerintah dapat segera turun. Saat ini, anggaran masih di rekening keuangan negara (RKUN) dan belum turun ke rekening daerah.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up