JawaPos Radar

Amankan UCLG ASPAC, Polrestabes Surabaya Kerahkan Sepertiga Kekuatan

04/09/2018, 18:25 WIB | Editor: Budi Warsito
Amankan UCLG ASPAC, Polrestabes Surabaya Kerahkan Sepertiga Kekuatan
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan usai memimpin apel siaga pengamanan acara UCLG ASPAC. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polrestabes Surabaya mengerahkan 1/3 kekuatan personelnya untuk pengamanan United Cities and Local Goverment Asia Pacific (UCLG ASPAC), Selasa (4/9). Tak hanya melakukan pengemanan, mereka juga akan melakukan patroli.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan tidak mengatakan secara rinci jumlah personel yang dikerahkan. Hanya saja, sebagian besar personel akan terkonsentrasi di venue acara dan tempat menginap para delegasi.

"Kami akan memberikan pelayanan pengamanan terbaik di semua tempat. Terutama, di hotel, venue acara dan destinasi wisata yang sudah direncanakan," kata Rudi di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (4/9).

Amankan UCLG ASPAC, Polrestabes Surabaya Kerahkan Sepertiga Kekuatan
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan memimpin apel siaga pengamanan acara UCLG ASPAC. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Selain itu, jumlah personel kepolisian yang mengamankan akan menyesuaikan dengan acaranya. Maksudnya, menyesuaikan dengan tingkat keramaian di lokasi acara.

Meski demikian, pengamanan setiap acara pada UCLG ASPAC nantinya akan melibatkan personel dari Polsek setempat dan Polda Jawa Timur (Jatim). Rudi menegaskan bahwa, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi di tiap tempat acaranya berlangsung.

"Pemeriksaan orang, barang dan kendaraan oleh tim jihandak akan kami lakukan. Kalau perlu, rekayasa lalu lintas akan kami lakukan. Karena kami ingin para delegasi asing dan warga sekitar, tenang," tegas Rudi.

Tak hanya upaya pengamanan di lokasi acara. Rudi mengaku, pihaknya sudah siap dengan tenaga penerjemah Bahasa Inggris yang siaga untuk layanan 110. Sebab, mayoritas delegasi asing dianggap mampu berbahasa Inggris dengan lancar.

"Misalnya, ada delegasi dari Tiongkok. Ya, ngomongnya harus bahasa Inggris. Jangan mandarin," katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Eddwi Kurniyanto menjelaskan, personel pengamanan terbagi menjadi tiga tim. Yakni, tim A, B dan C. Mereka terdiri dari tim Anti Bandit (TAB), tim Sus (Satlantas), tim Raimas dan Patko Sabhara.

Tim tersebut akan melakukan patroli dengan kendaran roda dua, empat dan jalan kaki. Rutenya akan berubah tiap hari selama penyelenggaraan UCLG ASPAC berlangsung.

"Sebenarnya sama seperti patroli rutin. Hanya, intensitasnya kaki tingkatkan. Maka, semua tempat kami anggap wilayah rawan. Terutama di venue acaranya," jelas Eddwi.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up