JawaPos Radar

Ahmad Basarah Desak DPC PDIP Kota Malang Segera Lakukan PAW

04/09/2018, 20:55 WIB | Editor: Dida Tenola
Ahmad Basarah Desak DPC PDIP Kota Malang Segera Lakukan PAW
Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah (tengah) (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah mendesak agar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Malang segera melakukan penggantian antar waktu (PAW). Hal ini dilakukan terkait adanya kader partai yang terseret kasus suap APBD-P Kota Malang Tahun Anggaran 2015.

Basarah menjelaskan, PAW penting untuk ditetapkan agar roda pemerintahan di Kota Malang tetap berjalan dengan lancar. Selain itu, PAW juga diperlukan untuk pengambilan keputusan pemerintah dan DPRD tidak terganggu. "DPRD Kota Malang dapat berjalan, pemerintahan juga berjalan lancar," kata Basarah usai memberikan materi dalam Sosialiasi Empat Pilar yang bekerja sama dengan Malang Pluralisme Institut, Kepanjen, Selasa (4/9).

Dia menegaskan, partai berlogo kepala banteng bermoncong putih itu sejatinya sudah siap untuk melakukan PAW. Bahkan Basarah mengklaim, bahwa PAW sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Hanya saja, sesuai dengan teknis, PAW diajukan oleh DPC kepada DPP. Selanjutnya akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga, lanjut Basarah, cepat atau lambatnya proses tergantung pada pengajuan yang diajuhakn oleh DPC PDIP Kota Malang.

"Langkahnya tetap dari DPC mengajukan kepada DPP untuk kemudian diproses. Biasanya, butuh waktu tiga minggu, mulai pengajuan hingga penetapan," terangnya.

Total ada sembilan orang kader PDIP yang ditetapkan sebagai tersangka kasus APBD-P Kota Malang Tahun Anggaran 2015 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka adalah M Arief Wicaksono, Suprapto, Abdul Hakim dan Tri Yudiani. Keempatnya ditetapkan sebagai tersangka beberapa bulan lalu dan sedang menjalani proses persidangan.

Sedangkan lima sisanya yang menyusul jadi pesakitan adalah Arief Hermanto, Teguh Mulyono, Diana Yanti, Hadi Susanto dan Erni Farida. Mereka ditetapkan sebagai tersangka bersama anggota DPRD Kota Malang lainnya, Senin (3/9).

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up