alexametrics

Amuk Massa Jember, Sekolah Ikut Dirusak, Uang Ratusan Juta Dijarah

4 Agustus 2022, 15:46:41 WIB

JawaPos.com- Amuk massa di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jatim, ternyata tidak hanya menyasar hunian dan kendaraan saja. Namun, juga merusak bangunan sekolah dan pos kamling. Bahkan, aksi orang yang belum dikenal itu juga dibarengi penjarahan serta pencurian uang. Nilainya disebut mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Kapolsek Silo AKP Suhartanto seperti dilansir Jawa Pos Radar Jember, peristiwa amuk massa di Desa Mulyorejo itu terjadi tiga kali. Pertama, pada 3 Juli lalu, disusul 30 Juli, dan Rabu (3/8) kemarin. Total ada tiga mobil dibakar dan 25 unit motor dibakar. Lalu, satu mobil dan satu truk dirusak.

Selain itu, lanjut dia, satu genset serta dua poskamling dibakar dan satu gedung sekolah rusak ringan. Tak hanya itu. Dari hasil pendataan yang dilakukan polisi, uang warga dengan total sebanyak Rp 265 juta dilaporkan hilang. ’’Peristiwa ini juga menyebabkan tiga warga terluka,” katanya, Kamis (4/8).

Aksi perusakan dan pembakaran di wilayah perbatasan Jember-Banyuwangi itu menyasar tiga dusun berbeda di Desa Mulyorejo. Yakni, Dusun Patung Rejo, Dusun Baban Timur, serta Dusun Dampik Rejo.

Hingga kini, polisi masih mendalami kejadian yang diduga melibatkan massa dari desa di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, tersebut. Apakah murni disebabkan aksi perampokan seperti kabar sebelumnya, atau justru ada sebab lain. Yang jelas, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo dilaporkan sedang turun ke lokasi untuk memberi atensi kasus amuk massa ini.

Informasi yang diterima Jawa Pos Radar Jember, tiga kali aksi perusakan dan pembakaran itu berlangsung saat malam dan dini hari. Pertama pukul 21.15 WIB, kedua pukul 23.00 WIB, dan ketiga pada pukul 01.00 WIB.

Massa dilaporkan datang berkelompok dengan mengendarai sepeda motor. Suasana pun kampung pun dilaprokan mencekam. Masyarakat setempat takut untuk keluar rumah.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: