Panglima Instruksikan Anggota TNI Polri Tidur di Lahan Rawan Karhutla

04/08/2018, 08:57 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Panglima TNI saat memimpin apel siaga karhutla dalam rangka pengamanan Asian Games (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Antisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) jelang Asian Games semakin serius. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengintruksikan jajaran TNI-Polri di Sumsel untuk tidur di lahan yang dinilai rawan karhutla.

"Saat ini ada 55 desa yang berpotensi menimbulkan asap. Nah saya telah menempatkan TNI dan Polri. Bahkan mereka pun tidur di sana untuk menjaga lahan," kata Panglima saat ditemui usai memimpin apel siaga karhutla dalam rangka pengamanan Asian Games di Griya Agung Palembang, Jumat (3/8).

Pasukan yang diturunkan yakni 200 personel dari TNI dan 200 personel lagi dari Brimob. Nantinya, pasukan ini akan terus siaga menjaga lahan mereka agar tidak terjadi karhutla.

Selain itu, pihaknya juga menjalankan konsep pembasahan gambut yakni melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). "Kami berharap dengan upaya ini maka dapat menekan terjadinya karhutla apalagi bencana asap," harapnya.

Ia juga memastikan akan berupaya semaksimal mungkin agar tidak terjadinya karhutla di Sumsel. Karena, jika terjadi tentunya akan menjadi cemoohan daerah lainnya. Apalagi, Negara Indonesia yang sudah menjadi sudah menjadi anggota tidak tetap PBB, negara muslim terbesar dan lain sebagainya.

"Saya selaku panglima mengajak komponen bangsa untuk sama-sama menghentikan karhutla ini karena ini tidak bisa dilakukan sendiri tetapi juga harus dibantu pemerintah daerah dan komponen lainnya," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi