alexametrics

Masuk Jaringan JAD, Terduga Pelaku Bom Bangil Sempat Menyerang Petugas

4 Agustus 2018, 20:40:03 WIB

JawaPos.com – Misteri terduga pelaku bom Bangil yang sempat kabur dan ditangkap Tim Densus 88 di kawasan Pasar Lawang, tepatnya di Kalibiru, Kabupaten Malang akhirnya terungkap. Laki-laki dengan inisial Abd tersebut diketahui merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur. 

“Iya (anggota JAD Jatim). Untuk detailnya koordinasi Polda atau Mabes ya,” kata Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, Sabtu (4/8) petang. 

Penangkapan Abd ini dilakukan dengan rapi, senyap dan tanpa kegaduhan. Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com di lapangan dan beragam sumber, sempat terjadi tembakan. 

Polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan karena pelaku berupaya kabur. Lantaran ngotot kabur, akhirnya petugas menembak salah satu kaki terduga. Namun, Abd tetap ngotot untuk kabur dan masuk perkampungan penduduk, dengan kaki tertembak. 

Ketika hendak diamankan, Abd tidur di sekitar Pasar Lawang. Dia menggunakan tas sebagai bantalnya. Ketika petugas hendak membangunkan terduga dan meminta identitasnya. Bukannya memberikan yang diinginkan petugas, dia justru marah dan menyerang petugas dengan belati. 

Tak berhenti sampai di situ, lantaran berupaya kabur, petugas pun mengejar Abd ke kampung Kalibiru. Saat ditangkap, isi tasnya dikeluarkan. Petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya berupa senjata tajam, pakaian, alat mandi, makanan dan peluru gotri. Selanjutnya, Abd diamankan petugas.

Ketua RT setempat, Hadi Suyatno, menjelaskan, saat kejadian, warga kampungnya tengah melakukan persiapan untuk menyambut Hari Kemerdekaan. Penangkapan dilakukan di depan Pos Kamling, yang lokasinya di atas. 

“Nah anak-anak melakukan persiapan di bawah. Ada anak karang taruna juga,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (tik/JPC)

Masuk Jaringan JAD, Terduga Pelaku Bom Bangil Sempat Menyerang Petugas