alexametrics
Diduga Saat Mengusir Gajah

Tinggal di Hutan Habitat Gajah, Surip Tewas Mengenaskan

4 Juli 2018, 11:27:24 WIB

JawaPos.com – Surip, 70, warga Talang Marno Blok 6 Hutan Lindung register 39 Kota Agung Utara, Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, tewas mengenaskan. Penyebabnya adalah segerombolan gajah.

Kejadian ini bermula pukul 03.00 WIB. Segerombolan gajah sedang mencari makan di seputaran Talang Marno Blok 6 Hutan Lindung Register 39 Kota Agung Utara, Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Lampung. Melihat kedatangan segerombolan gajah tersebut akhirnya masyarakat di sekitar pun keluar dari rumah masing-masing untuk berjaga.

Sekira pukul 03.30 WIB, gajah-gajah tersebut berada di pekarangan rumah milik Surip. Gajah-gajah tersebut memakan dan merusak tanaman milik pria tia itu. Surip pun berupaya mengusir segerombolan gajah tersebut, namun gajah-gajah itu malah mengamuk dan menyerang Surip hingga tubuhnya terpisah-pisah.

Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana mengatakan, sebetulnya lokasi rumah Surip di Talang Marno Blok 6 Hutan Lindung register 39 Kota Agung Utara, Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Kabupaten Tanggamus, merupakan habitat gajah mencari makan. “Itu tanah tanah hutan memang disiapkan untuk habitat gajah,” kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (4/7).

Namun sayangnya, masyarakat sekitar kita yang sudah diingatkan pihak Kepolisian seringkali bercocok tanam dan tinggal di hutan itu. “Sudah mengimbau, sudah berapa kali mengimbau kita. Itu kan habitatnya gajah, habitatnya mereka, mereka cari makan,” tegasnya.

Pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Daerag Tanggamus pun bakal mengimbau kembali agar masyarakat tidak lagi tinggal dan bercocok tanam di sana. “Supaya ini tidak terulang, untuk masyarakat yang tinggal di hutan untuk habitatnya gajah untuk pergi dari situ,” pinta Suntana.

Soal bagaimana nasib masyarakat apabila tidak boleh tinggal di sana, Suntana mengaku bingung. Pihaknya hanya bisa mengimbau. “Nah itu, itu masalahnya masyarakat mau tinggal di mana,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Tinggal di Hutan Habitat Gajah, Surip Tewas Mengenaskan