JawaPos Radar

Mahasiswa Unair Racik Obat Herbal untuk Sembuhkan Luka Bakar

04/07/2018, 15:09 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Mahasiswa Unair Racik Obat Herbal untuk Sembuhkan Luka Bakar
Proses pembuatan obat herbal untuk luka bakar (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Luka bakar biasanya menyisakan masalah bagi penderitanya. Mulai meninggalkan bekas kecacatan, mengurangi rasa percaya diri, bahkan ada beberapa kasus yang sampai menimbulkan kematian.

Selain itu, biaya penyembuhannya juga relatif mahal. Banyak penderita luka bakar memerlukan pengobatan langsung untuk mengembalikan fungsi normal kulit.

Berawal dari masalah itu, tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) meneliti dan menguji produk herbal sebagai media penyembuh luka bakar. Ketiga mahasiswa itu adalah Rasta Galih Aprizal, Erin Wijayanti, dan Rahma Yunia Utami.

Penelitian yang mereka lakukan berbasis albumin ikan gabus serta larutan garam fisiologis sebesar 0,9 persen. Penelitian itu berhasil lolos seleksi program PKM 2018 yang digagas Dikti.

Rasta menjelaskan, pemberian larutan garam fisiologis sebanya 0,9 persen mampu mempercepat penyembuhan luka bakar. Kandungan itu lebih efektif ketimbang pemberian campuran albumin ikan gabus, maupun bioplacenton sebagai gold standard. "Luka tersebut dikatakan sembuh apabila menyempitnya luas luka serta meningkatnya jumlah fibroblas," jelasnya.

Natrium Klorida 0,9 persen atau normal saline adalah larutan fisiologis yang berasal dari alam, serta ada di seluruh tubuh. Karena alasan tersebut, maka tidak ada reaksi hipersensitivitas dari NaCl. Rasta mengataka, normal saline aman digunakan untuk kondisi apapun.

Rasta memaparkan, Natrium Klorida mempunyai kandungan Na dan Cl yang sama seperti plasma. Sel ini tidak akan mempengaruhi sel darah merah. Sehingga larutan garam fisiologis sebesar 0,9persen apat digunakan sebagai obat herbal alternatif penyembuh luka bakar. "Biaya komposisi obat ini juga lebih terjangkau," imbuhnya.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up