alexametrics
OK Rumput Asal Negeri Paman Sam

Aransemen Lagu Tradisi Amerika dengan Musik Keroncong

4 Juli 2018, 09:34:25 WIB

JawaPos.com – Musik keroncong memiliki daya tarik tersendiri. Sejumlah kekhasan dalam setiap iringan lagunya mampu menyihir siapa pun yang mendengarkan.

Seperti yang terjadi pada seorang warga Amerika Hannah Standiford. Perempuan yang awalnya mendapatkan beasiswa untuk belajar musik tradisional di Institut Seni Indonesia (ISI) itu akhirnya berlabuh untuk mempelajari musik keroncong.

Hannah mempelajari semua gitar klasik. Setelah mendengarkan lagu keroncong, dia pun tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Keinginannya bersambut setelah bertemu dengan seorang dosen ISI Danis Sugiyanto.

Melalui Danis, Hannah mendapatkan pelajaran yang sangat banyak mengenai musik keroncong. Bahkan selama setahun di Solo, Danis selalu mengajak Hannah untuk belajar musik keroncong. “Setiap malam saya selalu ajak Hannah datang ke tempat-tempat musik keroncong untuk belajar,” terang Danis kepada JawaPos.com, Rabu (4/7).

Dari proses belajar itulah, Hannah akhirnya mulai bisa mendalami musik yang dibesarkan Gesang. Tidak hanya belajar mengenai bagaimana cara bernyanyi. Hannah juga berusaha mempelajari beberapa alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik keroncong. Seperti cak, cuk, selo dan beberapa jenis alat musik lainnya.

Hannah sendiri mengaku menyukai musik keroncong karena keunikannya. Terutama dalam penggunaan bahasa Jawa dan cengkok dalam setiap lagunya. Menurutnya, itu menjadi yang paling menarik dari musik keroncong.

“Cengkoknya itu agak susah. Kemudian bahasa Jawanya jadi yang menarik. Saya sangat suka dengan musik ini, berbeda dengan musik tradisional Amerika,” terang vokalis OK Rumput tersebut.

Karena kecintaan itulah, Hannah bersama dengan beberapa temannya membentuk sebuah Orkes Keroncong (OK) bernama Rumput. OK Rumput terbentuk sejak beberapa tahun silam. Selama ini, OK Rumput sudah beberapa kali tampil di berbagai tempat. Termasuk di Amerika sendiri. Lalu tampil di Jogjakarta, Bandung dan beberapa tempat lainnya.

“OK Rumput tidak hanya membawakan musik keroncong saja, tetapi juga memadukan dengan seni tradisi di Amerika. Kami juga sudah beberapa kali mengaransemen lagu tradisi Amerika menggunakan musik keroncong,” ungkap Hannah.

Rencananya pada 18 Juli mendatang, OK Rumput akan tampil di Panggung Gesang, Ngarsopuro, Solo. Dalam penampilannya nanti, OK Rumput tidak hanya membawakan musik keroncong saja. Tetapi juga akan mengajak penonton berdiskusi dan mengetahui lebih jauh mengenai proses OK Rumput hingga mendalami musik keroncong. “Saya berkeinginan untuk bisa berduet dengan ibu Waldjinah,” harap Hannah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Aransemen Lagu Tradisi Amerika dengan Musik Keroncong