alexametrics

Libur Lebaran, KBS Targetkan 180 Ribu Pengunjung

4 Juni 2019, 18:11:53 WIB

JawaPos.com – Dinas perhubungan (dishub) menyiapkan tiga spot parkir tambahan untuk pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) selama libur Lebaran. Tujuannya, mengantisipasi lonjakan pengunjung yang ingin berlibur ke tempat konservasi satwa tersebut. Langkah itu sekaligus mencegah kepadatan lalu lintas di Jalan Wonokromo.

Kasi Pengelolaan Parkir Dishub Wandi Fauzi memerinci tiga lokasi parkir tambahan tersebut. Yakni, area parkir di Jalan Setail depan KBS, spot parkir Taman Bungkul, dan lokasi parkir di sisi utara Terminal Intermoda Joyoboyo. “Parkir di depan KBS (Jalan Setail, Red) diperuntukkan khusus mobil,” ujar dia kemarin. Sementara itu, dua lokasi parkir tambahan lain bisa digunakan untuk mobil dan sepeda motor.

Di luar lokasi itu, sebenarnya dishub menyiapkan satu area parkir alternatif di Jalan Adityawarman. Namun, menurut dia, parkir di lokasi tersebut tidak akan jadi pilihan pengunjung. Sebab, lokasi tersebut lumayan jauh dari pintu KBS.

Di luar lokasi tambahan itu, sebenarnya juga ada beberapa spot parkir di sekitar KBS. Namun, dishub tidak menganjurkannya. Sebab, pengelolaan parkir tersebut dikoordinatori karang taruna setempat. “Kami tidak rekomendasikan karena retribusinya bisa lebih tinggi,” ucap dia.

Area parkir tambahan akan disiapkan dishub sejak hari H Lebaran hingga Minggu, 9 Juni. Pemberlakuan area parkir tambahan tersebut bisa diperpanjang dengan melihat jumlah pengunjung.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Wini Hustiani membenarkan perihal lonjakan pengunjung ketika memasuki musim libur Lebaran. Bahkan, tahun ini PDTS KBS menargetkan pengunjung mencapai 180 ribu selama 12 hari musim liburan.

Target itu naik dari realisasi pengunjung KBS tahun sebelumnya yang mencapai 160.100 orang selama 10 hari libur Lebaran. Jumlah tersebut melebihi target 150 ribu pengunjung. Padahal, saat itu kondisi Surabaya masih terpengaruh soal bom.

Selain libur Lebaran, tahun ini masa liburan lebih panjang karena bebarengan dengan libur sekolah. Karena itu, jumlah pengunjung diperkirakan bisa naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Tapi, kami belum prediksikan H plus berapa jumlah pengunjung membeludak.”

ANTISIPASI LONJAKAN PENGUNJUNG

– Parkir Tambahan Pengunjung KBS Selama Libur Lebaran

– Lahan parkir Jalan Setail depan KBS (khusus mobil)

– Parkir Taman Bungkul (mobil dan sepeda motor)

– Parkir sisi utara Terminal Intermoda Joyoboyo (mobil dan sepeda motor)

Parkir Alternatif

– Parkir Jalan Adityawarman

Sumber: Dishub Surabaya

Editor : Dhimas Ginanjar


Close Ads