JawaPos Radar

Terekam CCTV, Satu dari 13 Kawanan Copet Pasar Ditangkap

04/06/2018, 09:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Copet Pasar
TERTANGKAP: Salah seorang pelaku (disensor) terekam CCTV saat mengutil barang bawaan pengunjung pasar Aur Kuning belum lama ini. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Para pengunjung pasar di kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, beberapa hari terakhir, dilaporkan marak terjadi pencopetan dengan modus menyasar masuk dalam keramaian pengunjung dan mengutil tas barang belanjaan pembeli dengan diam-diam.

Dari informasi, aksi tersebut sudah berlangsung sejak empat hari terakhir. Bahkan, salah seorang tersangka berinisial M, 23 berhasil diamankan pedagang setelah aksi pencuriannya terekam CCTV di kawasan pasar Aur Kuning pada Sabtu (2/6).

Namun, dari tangan tersangka yang mengaku berasal dari Sumatera Utara itu, petugas hanya dapat menyita BB sebesar Rp 300 ribu. Sedangkan para tersangka lainnya berhasil kabur dari kejaran petugas.

"Dari pengakuan korban, aksi ini sudah berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Merasa dirugikan, pedagang dan sejumlah pengunjung lainnya mengikuti perempuan ini keesokan harinya. Saat mengulangi aksinya mengutil barang belanjaan pengunjung, pelaku M tertangkap dan diserahkan ke posko keamanan pasar," kata petugas kemanan pasar Aur Kuning, Nofrizal, Senin (4/6).

Korban sendiri, lanjut Nofrizal, telah melaporkan kejadian tersebut sejak Rabu (31/5) lalu. Ada yang merugi sebesar Rp 500 ribu, ada juga yang sampai Rp 6 juta. "Setelah kami amankan, pelaku M ini dijemput personel Polsek Kota Bukittinggi," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Bukittinggi Kompol Zahari Almi membenarkan kejadian tersebut. Dari pengakuan pelaku M kepada petugas terungkap, jika aksi tersebut dilakukan bersama-sama dengan memencar di tengah keramaian pasar. "Semua pelaku itu diduga berasal dari Sibolga, Sumut," jelas Kapolsek.

Dari keterangan pelaku M, selain dirinya, jumlah pencuri spesialis beraksi di kerumunan pasar ini mencapai 13 orang. Konon, mereka sengaja datang ke pasar Bukittingg saat kondisi pasar dalam keadaan betul-betul ramai seperti jelang lebaran.

"Mereka menginap di dua hotel kawasan Bukittinggi. Tapi, saat kita sergap ke lokasi yang dicurigai, komplotan ini berhasil kabur," katanya.

Dari penelusuran petugas, kuat dugaan kawanan ini merupaka pemain lama yang sudah sering datang ke Bukittinggi setiap pengunjung pasar ramai. "Kami harap pengunjung pasar, baik di pasar atas, pasar bawah maupun pasar Aur Kuning selalu berhati hati dan waspada dari aksi copet yang sewaktu-waktu beraksi dalam keramaian," pungkasnya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up