JawaPos Radar

Sepekan Jelang Lebaran

Marak Jalan Rusak, Soni Sumarsono Minta Elevated Road Difungsikan

04/06/2018, 13:41 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Marak Jalan Rusak, Soni Sumarsono Minta Elevated Road Difungsikan
Pjs Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono saat memberikan keterangan di kantornya, jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (4/6). (Syahrul Ramadhan/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai menyiapkan metode untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik yang diperkirakan bakal mencapai puncaknya mulai dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri nanti.  Hal itu dilakukan, mengingat masih terdapat sejumlah titik atau perlintasan yang jalannya masih rusak bahkan pengerjaannya belum rampung.

Apabila dibiarkan tanpa langkah taktis, dikhawatirkan penumpukan volume kendaraan, khususnya saat puncak mudik tiba, semakin padat. Kawasan perlintasan, yang jalannya dikhawatirkan terjadi penumpukan adalah, akses jalur trans nasional, jalan layang atau elevated road di Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Jalur ini, menghubungkan sejumlah kabupaten/kota di Sulsel, mulai dari kota Makassar dengan kawasan barat Sulsel yang meliputi kabupaten Bone, Sinjai, Soppeng, Wajo hingga Bulukumba.

"Memang sampai hari ini, beberapa jalan memang ada kendala, ada kerusakan. Ada yang lubang-lubang sedikit. Karena inikan lebaran kita Juni, sementara masih ada proyek-proyek jalan memang yang menyusul," kata Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono di kantornya, jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (4/6).

Mei 2018 lalu, proyek ini memang diperkirakan telah sepenuhnya rampung dan siap untuk dilalui. Proyek jalan layang Camba juga tak termasuk dalam moratorium pengerjaan infrastruktur oleh Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PUPR).

Kendati begitu, Soni memastikan bahwa proyek nasional tersebut, harus dirampungkan dan bisa dilalui, sepekan jelang Idul Fitri tiba. "Pokoknya seminggu sebelum lebaran sudah harus bisa digunakan," tegas Soni.

Kepala Dinas Bina Marga Sulsel, Jumras mengungkapkan, sama sekali tak mendapatkan kendala apabila elevated road, secepatnya difungsikan. Proses pengerjaannya kata Jumras, telah sepenuhnya rampung dan siap untuk segera digunakan, untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik.

"Kendala, kita sudah tidak ada. Tinggal perapian saja jalannannya untuk masuk dilalui. Seminggu sebelum lebaran sudah bisa dilewati," singkat Jumras menutup.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up