alexametrics

Digusur, Ombudsman Akan Pertemukan Pemkot Solo Dengan Warga Jebres

4 Mei 2018, 20:30:55 WIB

JawaPos.com – Ombudsman Republik Indonesia akan mempertemukan Pemkot Solo dengan warga penghuni tanah hak pakai (HP) Pemkot nomor 105 Jebres. Pertemuan ini untuk melakukan konfrontir kedua pihak guna memastikan permasalahan yang terjadi dalam kasus tanah HP 105 tersebut. 

Achmed Ben Bella, Koordinator Bidang Penyelesaian Laporan Ombudsman menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengumpulan data dan keterangan di lapangan. Selanjutnya data tersebut akan dikonfrontir dengan kedua belah pihak. Yakni Pemkot Solo selaku terlapor dan warga Jebres selaku pihak yang melapor. 

“Rekonsiliasi ini dilakukan sebelum kami mengambil keputusan. Kalau untuk sementara memang ditemukan dugaan terjadinya malaadministrasi yang dilakukan oleh Pemkot. Tapi nanti kami akan lakukan klarifikasi dulu,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Jumat (4/5).

Rekonsiliasi yang akan dilakukan ini, kata Achmed guna menyamakan persepsi. Hal ini karena selama ini terdapat dua perbedaan keterangan. 

Dari warga menyebutkan bahwa Pemkot dituding telah memaksa warga untuk meninggalkan kawasan tersebut.

Selain itu, pemkot juga tidak melakukan sosialisasi terhadap warga terkait penggusuran tersebut. Sebaliknya, Pemkot menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara persuasif kepada warga. Dan Pemkot yakin semua langkah yang diambil sudah sesuai dengan prosedur yang ada. 

“Untuk waktunya kapan rekonsiliasi akan dilakukan kami belum bisa memastikan. Kami perlu berkoordinasi dengan beberapa pihak terlebih dahulu,” kata Achmed.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menegaskan pihaknya siap untuk memberikan penjelasan mengenai kebijakan penggusuran warga tersebut. Sejumlah upaya yang sudah dilakukan yakni dengan mengundang warga untuk mediasi, menawarkan bantuan atau kompensasi berupa ongkos bongkar dan angkut.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Digusur, Ombudsman Akan Pertemukan Pemkot Solo Dengan Warga Jebres