alexametrics

Anak-anak Sebatik Lebih Hafal Lagu Negaraku Dibanding Indonesia Raya

4 Mei 2018, 20:59:44 WIB

JawaPos.com – Ada potret miris terhadap nilai nasionalisme anak-anak bangsa di daerah perbatasan Indonesia. Mereka lebih mengenali negara tetangga dibanding tanah air sendiri. Salah satunya lagu kebangsaan.

Kondisi itu seperti yang terjadi di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Dia menyatakan, dulu anak-anak di salah satu pulau terdepan Indonesia itu lebih hafal Lagu Negaraku, lagu kebangsaan Malaysia, dibanding lagu Indonesia Raya.

“Saya ke sini, ke Sebatik jadi inspektur upacara tahun 2008. Ketika tidur di Sebatik pada 17 Agustus. Mudah-mudahan keadaan sudah berubah. Waktu itu banyak sekali anak-anak yang lebih menghafal lagu Terang Bulan (Negaraku, lagu kebangsaan Malaysia yang nadanya mirip lagu Terang Bulan, red) dibanding lagu Indonesia Raya,” ungkap Adhyaksa di Kabupaten Nunukan.

Sebelumnya mantan Menpora itu didaulat memberikan sambutan pada malam Welcome Party Kemah Bela Negara (KBN) tingkat Nasional di halaman Kantor Bupati Nunukan, Kamis (3/5) malam.

Melihat fakta ini, Adhyaksa menyarankan pemerintah atau pihak terkait menyediakan kabel supaya anak-anak Sebatik terbiasa mendengar lagu Indonesia Raya dan siaran-siaran televisi Indonesia. Setelah 10 tahun, diharapkan ada perkembangan lebih baik.

Sementara itu, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengungkapkan, daerah perbatasan seperti Sebatik memiliki beberapa permasalahan yang harus dihadapi bersama-sama. Di antaranya rawan peredaran barang-barang ilegal dan penyelundupan narkoba dari negara seberang. Demikian pula dalam hal teknologi dan telekomunikasi.

“Jaringan seluler di Sebatik masih sering kali kalah kuat dengan jaringan seluler Malaysia,” tegas Bupati perempuan itu.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (iil/jpg/JPC)

Anak-anak Sebatik Lebih Hafal Lagu Negaraku Dibanding Indonesia Raya