alexametrics

Tergenang Air, Viaduk Gilingan Ditutup

4 April 2019, 12:50:34 WIB

JawaPos.com – Hujan deras mengguyur wilayah Solo dan sekitarnya sejak Rabu (3/4) malam hingga Kamis (4/4) pagi. Hal itu membuat Viaduk Gilingan tergenang air hingga ketinggian 1,5 meter. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo terpaksa melakukan penutupan viaduk karena tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan.

Penutupan viaduk dilakukan mulai pukul 06.00 WIB. Selanjutnya, kendaraan yang biasa melintasi kawasan tersebut dialihkan ke jalur lain. “Karena sudah tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan. Maka setelah kami koordinasi dengan Satlantas, viaduk dilakukan penutupan,” terang Kabid Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo kepada JawaPos.com, Kamis (4/4).

Untuk mencegah adanya kendaraan yang nekat melintas, petugas memasang barikade di jalan menuju viaduk. Selama penutupan berlangsung, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo dan relawan melakukan pembuangan air dari viaduk.

Sebab akses pembuangan sudah meluap sehingga air yang menggenang tidak bisa mengalir. “Selama penutupan berlangsung memang terjadi kepadatan di sejumlah ruas jalan. Hal ini karena pengalihan kendaraan dari viaduk,” ucap Ari.

Penyedotan air dilakukan sejak pukul 07.00 WIB. “Untuk penyedotan air ini kami menerjunkan tiga mesin,” imbuh Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Solo Sumarno.

Sementara itu, sejumlah kendaraan yang nekat melintas di lokasi akhirnya terjebak macet dan harus dievakuasi dari bawah Viaduk Gilingan.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

Tergenang Air, Viaduk Gilingan Ditutup