alexametrics

Sebelum Dihajar, Korban Pengeroyokan di Purworejo Diminta Lepas Kaus Jokowi

4 April 2019, 15:16:42 WIB

JawaPos.com – Penyelidikan kasus pengeroyokan yang diduga melibatkan massa kampanye pendukung Prabowo-Sandi di Purworejo terus berlanjut. Berdasarkan informasi yang diperoleh, peristiwa dugaannya dipicu karena korban mengenakan kaos bergambar capres 01.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, berdasarkan pengakuan korban yang bernama Yuli Wijaya, 28, warga Krendetan, Bagelen, Purworejo. Sebelum insiden pemukulan terjadi, korban diminta melucuti kaosnya yang bergambar capres Jokowi oleh rombongan peserta kampanye 02.

“Dari pengakuan korban seperti itu. Dia diminta melepas kaosnya,” kata Indra melalui sambungan telepon, Kamis (4/4). Polisi menduga faktor perbedaan jagoan capres inilah yang memantik pengeroyokan.

Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com

Namun kata Indra, peristiwa berlangsung sangatlah cepat. Karena pada saat itu sebenarnya juga ada patroli pengawal rombongan kampanye yang hendak kembali ke arah Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) tersebut.

“Dikawal sama kami, depan, tengah, belakang. Waktu patroli belakang lewat, baru tahu (ada pengeroyokan). Karena kan itu cepat prosesnya,” tambahnya.

Meski enggan berspekulasi soal dari kelompok peserta kampanye mana para pelaku pengeroyokan ini, Indra memastikan jika para pengeroyok tergabung dalam iring-iringan. Itu terlihat dari rekaman kamera pengawas CCTV terpasang di sekitaran tempat kejadian perkara.

“Secara CCTV, kami melihat rombongan mereka. Tapi kami lagi mencari yang betul-betul di lokasinya. Tapi, kalau satu rombongan, iya,” pungkasnya.

Terpisah, peristiwa ini turut mengundang perhatian dari Tim Pemenangan Prabowo-Sandi. Di mana mereka akhirnya mengirimkan tim investigasi ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna menggali kebenaran dari kasus tersebut. “BPN pusat akan melakukan ivestigasi. Kita harus sikapi jernih jangan sampai tambah runyam,” kata Juru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Jateng, Sriyanto Saputro.

Diberitakan sebelumnya, sebuah insiden pengeroyokan yang diduga melibatkan massa pendukung Prabowo-Sandi terjadi di Jalan Jogja kilometer 11, depan SDN Krendetan, Bagelen, Purworejo, Selasa (2/4). Korban pengeroyokan merupakan seorang pengatur lalu lintas jalur keluar masuk kendaraan proyek pertambangan batu andesit di area dekat tempat kejadian perkara.

Para rombongan pengeroyok sendiri saat itu diketahui sedang dalam perjalanannya kembali dari acara kampanye terbuka kubu Prabowo-Sandi di Lapangan Kemiri. Yang dihadiri sejumlah tokoh, macam Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, Titiek Soeharto, Anggota tim sukses pemenangan Prabowo-Sandi (PADI), Haikal Hassan dan Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro