alexametrics

Saluran Air di Viaduk Gilingan Diduga Sengaja Ditutup

4 April 2019, 14:24:27 WIB

JawaPos.com – Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, tergenang air setinggi 1,5 meter. Penyebabnya tak hanya hujan deras yang mengguyur Solo dan sekitarnya sehingga membuat Sungai Pepe meluap. Diduga, ada oknum yang sengaja menutup akses pembuangan air di viaduk. Hal ini diketahui setelah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo melakukan penyedotan air.

Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Solo Sumarno menyampaikan, petugas mendapati ada batu yang menutup akses pembuangan air. Batu tersebut berukuran cukup besar. Jadi kecil kemungkinan batu tersebut menutup akses pembuangan karena terbawa arus.

“Selain karena ketinggian air sungai, ini memang sengaja ditutup menggunakan batu. Jadi air yang seharusnya bisa dibuang melalui akses pembuangan menjadi terhalang batu yang sengaja dipasang oknum tidak bertanggung jawab,” tegas Sumarno kepada JawaPos.com di sela penyedotan air, Kamis (4/4).

Selain batu, penutupan akses pembuangan viaduk juga menggunakan pelat nomor kendaraan yang sudah tidak terpakai. Petugas mendapati banyak pelat nomor yang berserakan di sekitar lokasi. “Kami menyingkirkan batu dan menemukan banyak pelat nomor kendaraan. Ada pelat nomor yang dari Solo dan luar Solo,” imbuhnya.

Kesengajaan tersebut karena ada beberapa oknum yang ingin memanfaatkan musibah untuk meraup keuntungan. Mereka seolah-olah memberikan bantuan, tetapi dengan meminta imbalan kepada pengguna kendaraan yang terjebak genangan air.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo