alexametrics

Khofifah Akan Terbitkan Pergub Soal Zonasi Sekolah

4 April 2019, 15:31:15 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan membuat regulasi baru di bidang pendidikan. Bentuknya peraturan gubernur (pergub).

Saat ini, pergub masih dalam finalisasi. Bila sudah resmi diberlakukan, semua calon siswa SMA dan SMK dapat menjadikan Pergub sebagai referensi dalam memilih sekolah.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Pafawansa tidak menjelaskan rinci seputar isi pergub yang kini sedang digodok. Yang jelas, pergub akan mengatur soal zonasi pendaftaran ke SMA dan SMK.

“Sekarang kami sedang lakukan finalisasi pergubnya. Dalam waktu dekat akan kami keluarkan pergubnya. Supaya dapat jadi referensi untuk siswa dan para orang tua,” kata Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (4/4).

Sistem zonasi dianggap sangat membatasi keinginan siswa dalam memilih sekolah. Sebab sistem zonasi hanya memperbolehkan pihak sekolah menerima siswa berdasarkan lokasi tempat tinggal. Sistem zonasi juga terbatas bagi siswa yang berprestasi pada bidang akademis maupun non-akademis.

Khofifah menyatakan, sistem zonasi hanya mampu menampung 90 persen siswa yang tinggal tak jauh dari lokasi sekolah. Sisanya, sekolah hanya menerima siswa berprestasi meski lokasi tempat tinggalnya di luar zonasi. “Banyak orang tua yang menganggap sistem zonasi ini seperti memupuskan harapan anak mereka,” papar Khofifah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Aryo Mahendro



Close Ads