alexametrics

Pjs Wali Kota: Saat Ini Urbanisasi Di Bandung Sangat Dinamis

4 April 2018, 18:00:07 WIB

JawaPos.com – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Solihin menyebut Bandung sebagai kota urbanisasi yang sangat dinamis saat ini. Maka dengan itu Pemerintah Kota Bandung harus terbuka untuk semua warga daerah.

“Sampai saat ini urbanisasi di bandung itu sangat dinamis. Jadi Bandung tidak mungkin jadi kota tertutup,” kata Solihin di Royal Palm Ballroom Aston Tropicana Hotel, Jalan Cihampelas Bandung, Rabu (04/03).

Maka, lanjutnya, semua orang atau dipersilakan untuk datang ke Kota Kembang ini. Baik untuk menuntut ilmu, berwisata, maupun mencari pekerjaan yang layak di Kota Bandung.

Walaupun begitu, Pemkot Bandung dan masyarakat untuk saling menjaga stabilitas dan nilai sosial budaya yang berlaku di tanah sunda ini. Karena pada dasarnya etalase Provinsi Jawa Barat ada di Kota Bandung.

“Jadi harus terjaga dengan baik, keamanan, kenyamanan, karena masyarakat yang akan jadi cerminan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Bandung secara keseluruhan,” jelasnya.

Urbanisasi ini jelas berpengaruh, karena Bandung adalah kota pendatang. Banyak sekali aktivitas yang dilakukan masyawarak baik lokal mauoun pendatang. Seperti perdagangan, meski sebagian besar pabrik produk tersebut di luar kota namun hasil produksinya diperjual belikan di Bandung.

“Pabriknya di luar, tapi pelaksanaan bisnisnya ada di Kota Bandung,” sebutnya.

Untuk menstabilkan dalam kota, Pemkot Bandung berupaya melakukan kerja sama dengan semua pihak yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah tetangga (Provinsi Jabar) untuk saling menjaga dan keamanan. Karena kota bandung tidak bisa membangun kotanya sendiri.

Namun upaya mengimplementasikan upaya tersebut tergantung terhadap daerah tetangganya juga. Maka konsep pembangunannya adalah metropolitan Bandung bukan hanya Pemkot Bandung saja. Daerah yang termasuk yakni Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), juga Sumedang.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)

Pjs Wali Kota: Saat Ini Urbanisasi Di Bandung Sangat Dinamis