alexametrics

Turun 20 Persen, Harga Tiket Garuda Indonesia Masih Terasa Mahal

4 Maret 2019, 01:25:11 WIB

JawaPos.com – Upaya maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket belum berdampak positif untuk penumpang. Harga tiketnya masih terasa mahal bagi masyarakat.

Penurunan harga tiket itu dilakukan oleh Garuda Indonesia. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal menyebut, harga tiket pesawat yang turun itu dari harga yang sudah naik. “Harga tiket pesawat masih terasa mahal bagi masyarakat,” ungkapnya seperti dilansir Lombok Post (Jawa Pos Group), Senin (4/3).

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di beberapa penjualan tiket pesawat secara daring, harga tiket pesawat rute Jakarta – Lombok untuk penerbangan, 20 Maret 2019 atau sebaliknya mulai dari Rp 961 ribu hingga Rp 3 juta. Khusus untuk Garuda Indonesia berada pada harga Rp 1,9 juta. Harga tersebut untuk penerbangan langsung. Bukan transit. Jika penerbangan transit lebih mahal lagi.

Turun 20 Persen, Harga Tiket Garuda Indonesia Masih Terasa Mahal
Lion Air, salah satu maskapai yang terdampak atas naiknya harga tiket. Penerbangannya dikurangi di sejumlah rute. (dok. JawaPos.com)

Tinginya harga pesawat ini, Faozal mengklaim pihak Pemprov NTB sudah maksimal untuk meminta pihak maskapai agar menurunkan harga tiket pesawat. “Gubernur NTB sudah bersurat ke menteri dan maskapai, tapi tetap saja belum ada solusi,” katanya.

Selain itu, imbuh Faozal, dirinya sudah berbicara dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tapi kementerian itu sangat hati-hati karena menyangkut kewenangan menteri yang lain. Seperti menteri BUMN dan menteri Perhubungan.

Terkait sepinya penerbangan ke Lombok, menurut Faozal tidak hanya dipicu oleh low season. Sebab low season tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penurunan jumlah kunjungan terjadi di seluruh Indonesia.

Masalah ini dipicu oleh banyak hal. Mulai dari kenaikan harga tiket yang tidak terkontrol, penundaan penerbangan ke berbagai tujuan, hingga bagasi berbayar.

Untuk Lombok kunjungan masih terjaga karena tertolong dengan agenda wisata Meeting Incentive, Convention and Exhibition (MICE). Beberapa pertemuan tingkat nasional dan acara pemerintah daerah banyak digelar di hotel-hotel.

Kondisi itu membuat bisnis hotel tetap bergairah. Para tamu yang hadir dalam MICE bisa datang karena dibiayai instansinya, harga tiket tidak jadi persoalan.

Editor : Ilham Safutra

Copy Editor :

Turun 20 Persen, Harga Tiket Garuda Indonesia Masih Terasa Mahal