alexametrics

Sesak Nafas Akibat Asap Kebakaran, Safirah Tewas Kehabisan Oksigen

4 Maret 2019, 01:35:32 WIB

JawaPos.com – Nenek berusia 70 tahun, Safirah meninggal dunia dalam kebakaran sebuah rumah di Perumahan Pesona, Sukmajaya, Kota Depok, Minggu (3/3) dini hari. Diduga kuat Safirah meninggal karena menghirup asap yang mengepung seisi rumah hingga kehabisan oksigen.

Kapolsek Sukmajaya, Kompol IGN Bronet Ranapati menjelaskan, kronologi peristiwa kebakaran itu diketahui bermula dari seorang saksi melihat kepulan asap dari atap di rumah yang ditinggali korban pada Sabtu (2/3) sekira pukul 22.00 WIB.

Dari kejadian tersebut, saksi bernama Faidah itu langsung melaporkan kepada petugas keamanan perumahan serta menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Depok.

Saat kejadian, anggota keluarga yang berada di rumah yang terdiri dari istri, anak, dan ibu mertua terjebak di dalam karena pintu rumah terkunci berlapis. Tak lama kemudian, mereka bisa meloloskan diri setelah tim pemadam mendobrak pintu. Akhirnya mereka selamat dari kobaran api yang mengancam.

“Petugas Damkar kesulitan mengeluarkan anggota keluarga dikarenakan pintu rumah berlapis. pada akhirnya, petugas Damkar mendobrak pintu lapis itu dan satu keluarga itu berhasil ditolong,” ujar Bronet saat dikonfirmasi, Minggu (3/3).

“Semua keluarga berhasil ditolong dari dalam rumah yang sudah terkepung oleh asap tebal,” ujar Bronet.

Setelah penghuni rumah dievakuasi, Safirah langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan pertama. Namun nahas. Nenek Safirah meninggal dunia saat hendak mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Diduga, Safirah terjatuh dan terlalu banyak menghirup asap saat terjebak di dalam rumah yang terbakar di lantai dua. Bronet menyebutkan, saat kejadian berlangsung sebanyak 7 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

“Kobaran api baru bisa dikuasai pemadam sekitar jam 1 dini hari,” kata dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor :

Sesak Nafas Akibat Asap Kebakaran, Safirah Tewas Kehabisan Oksigen